get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Ubah Daun Jadi Uang, Dukun Muda Diringkus Polres Metro Tangerang Kota

Selasa, 13 September 2022 | 11:37 WIB
header img
IS (37) ditangkap karena membawa kabur motor dan hangphone korbannya dengan modus ziarah. Foto: Ilustrasi Sindonews.

TANGERANG, iNewsCilegon.id – IS (37), seorang dukun muda, kerap menunjukkan ilmu ghaibnya untuk mengubah daun menjadi uang. IS juga sering menunjukkan kesaktiannya dengan mengeluarkan pusaka dari dalam tubuh. Dukun mud aini kini diringkus Polres Metro Tangerang Kota.

Namun IS diringkus dalam kasus lain. Ini lantaran dukun muda ini melarikan motor dan juga 2 unit handphone korobannya. Modusnya dengan mengajak korbannya berziarah.

Penangkapan IS diungkapkan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho hari ini, Selasa (13/9/2022).

Kronologinya, pada Minggu siang (4/9/2022), IS mengajak Mashadi untuk menjalani ritual di TPU Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Mashadi tak sendirian karena ia mengajak temannya.

Saat ritual itulah, IS meminta Mashadi dan temannya untuk menaruh handphone agar ritual berlangsung lebih fokus. Beberapa saat kemudian, IS meminjam motor Mashadi.

“Pelaku bilangnya akan dibersihkan dengan ritual ghaib,” kata Kombes Zain.

Korbannya percaya dan menurut untu menunggu. Namun ditunggu, dukun muda tersebut tak muncul-muncul. Mashadi dan temannya keluar dari area TPU dan kemudian menghubungi dukun dan 2 handphonenya. Namun nomor-nomor tersebut tak bisa dihubungi lagi.

Saat itulah Mashadi dan temannya sadar telah jadi korban penipuan. “Korban kemudian melaporkan ke Polsek Neglasari. Korban menderita kerugian sebesar Rp26 juta," tambah Kombes Zain.

Mashadi menceritakan awal mula bertemu dengan dukun palsu tersebut. IS memperkenalkan diri kepada korban sebagai anak angkat dari seorang pemuka agama di daerah Mauk, Kabupaten Tangerang.

Pelaku sendiri, IS saat ditangkap mengungkapkan telah melakukan penipuan ke beberapa korban dengan menggunakan 2 modus.

Modus pertama mengaku sebagai dukun atau orang pintar yang bisa menghilangkan guna-guna dan memperlancar rezeki. Lalu Modus yang kedua menawarkan pekerjaan dengan gaji per jam, namun korban diwajibkan untuk membayar uang di awal untuk biaya administrasi.

"Kini pelaku kami amankan di Mapolsek Neglasari, kami masih melakukan pencarian dan menghubungi korban-korban lain dari pelaku," tutur Zain.

IS (37), tutur Zain juga kerap menunjukkan ilmu ghaibnya untuk mendekati korban. Caranya dengan mengubah daun menjadi uang. IS juga sering menunjukkan kesaktiannya dengan mengeluarkan pusaka dari dalam tubuh.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut