Logo Network
Network

Presiden Jokowi Dapat Gelar Kehormatan dari Sultan Buton, Ini Komentar Warganet

Ila Nurlaila Sari
.
Rabu, 28 September 2022 | 11:18 WIB
Presiden Jokowi Dapat Gelar Kehormatan dari Sultan Buton, Ini Komentar Warganet
Presiden Joko widodo dianugerahi gelar kehormatan La Ode oleh Kesultanan Buton (Foto: setkab.go.id)

BAUBAU, iNewsCilegon.id - Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dalam acara yang diselenggarakan di Baruga Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Selasa (27/09/2022).

Dalam penganugerahan gelar tersebut, Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Kesultanan Buton yang didominasi warna hitam. 

Sebelum disematkan peci dan tongkat, perwakilan Kesultanan Buton, La Ode Muhamad Arsal menjelaskan makna gelar tersebut.

“Gelar tersebut bermakna seorang laki-laki yang memiliki sikap dan perilaku yang mulia, rendah hati, sopan santun, arif dan bijaksana, jujur dan adil, bertanggungjawab, memberi teladan dan panutan, serta memiliki komitmen yang tinggi dalam menyejahterakan dan memakmurkan seluruh rakyat di Nusantara (Indonesia),” kata La Ode Muhamad Arsal dikutip iNewsCilegon.id dalam akun setkab.go.id. Rabu (28/9/2022).

Turut hadir mendampingi Presiden yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Hadir pula Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, dan Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa selaku tuan rumah.

Pemberian gelar inipun diunggah oleh Presiden Joko Widodo dalam akun miliknya @jokowi.

Mulai hari ini, saya resmi menjadi kerabat dan sesepuh eks-Kesultanan Buton, dengan gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara, seusai penganugerahan Gelar Kehormatan Adat dan Budaya Kesultanan Buton di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, pagi tadi.

Terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Yang Mulia Sultan Buton Bapak La Ode Muhammad Izat Manarfa beserta seluruh jajaran lembaga adat Kesultanan Buton yang telah memberikan anugerah gelar ini. Insya Allah, saya akan senantiasa menjaga marwah bekas Kesultanan Buton dengan bekerja dan mengabdi untuk kemajuan Indonesia.

Unggahan itupun menuai komentar beragam dari warganet.

"Yeeyy keren...selamat datang di daerah kami pak!!," tulis @hikma2201.

"Semua jasa mu dan kerja kerasmu, semoga membawa berkah dan kebaikan untuk kita semua, Aamiin yrb," komentar lainnya @canagustin17.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini