Logo Network
Network

Disebut Mirip Kubangan Kerbau, Warga Keluhkan Buruknya Jalan Depan Kantor Desa Cigondang

Ila Nurlaila Sari
.
Kamis, 13 Oktober 2022 | 18:10 WIB
Disebut Mirip Kubangan Kerbau, Warga Keluhkan Buruknya Jalan Depan Kantor Desa Cigondang
Disebut mirip kubangan kerbau, warga Desa Cigondang keluhkan buruknya jalan (Foto: Ila Nurlaila Sari/iNewsCilegon.id).

LABUAN, iNewsCilegon.id - Warga Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, mengeluhkan buruknya kondisi jalan yang berada tepat didepan Kantor Desa Cigondang, yang mirip kubangan kerbau.

Salah satu warga, Apipudin mengatakan, jalan tersebut memang memprihatinkan, bertahun-tahun tak pernah diperbaiki, kalau musim hujan air akan tergenang disepanjang jalan, namun jika musim panas sangat mengganggu kesehatan warga karena debu tanah yang berterbangan, padahal jalan tersebut merupakan akses menuju sejumlah objek wisata pantai, yakni Pantai Galau dan Pantai Ceria.

"Saya sudah tinggal di kampung ini lebih dari 20 tahun namun tak pernah saya lihat diperbaiki, cuman diurug (ditimbun) doang, sehingga kalau panas debunya sangat banyak apalagi kalau musim hujan seperti sekarang tambah parah, banyak kolamnya, mirip kubangan kebo,” ucapnya sambil tersenyum

"Jalan itu ada didepan kantor desa padahal, tapi kok gitu ya terkesan tidak ada upaya perbaikan, kasian warga kalo musim hujan kayak gini  apalagi yang lewat situ malem-malem, mana rusak, gelap juga, banyak yang jatoh itu," tambahnya.

Apipudin berharap, semoga melalui pemberitaan ini, jalan di Desa Cigondang segera diperbaiki.

Berdasarkan pantauan dilapangan, kondisi rusaknya jalan di Desa Cigondang tak hanya didepan kantor desa, melainkan jalan disekitar pantai galau dan jalan akses menuju PLTU Banten 2 Labuan pun kondisinya tak kalah memprihatinkan. Hampir sepanjang jalan tersebut (dari pantai galau menuju pintu gerbang PLTU), kondisinya cukup memprihatinkan. Selain tak beraspal, jalan berlubang itu juga penuh dengan genangan air hingga menutupi jalan, tak ayal banyak pengendara yang terjatuh akibat buruknya kondisi jalan.

Camat Labuan, Ace Jarnuzi menjelaskan, jalan rusak didepan kantor desa Cigondang  merupakan status jalan desa, sementara jalan disekitar Pantai Galau dari arah Kampung Karabohong merupakan jalan kewenangan Kabupaten Pandeglang.

"Kalau jalan di depan kantor Desa Cigondang itu jalan Desa jadi kewenangannya ada pada Desa, maka usulannya harus melalui Desa (melalui musrenbang), nanti coba saya dicek di kasi pembangunan masuk gak itu usulannya dari Desa, untuk Jalan disekitar Pantai Galau menuju PLTU Banten 2 Labuan kalau dilihat dari arah jalan AMD Karabohong itu masuknya Kabupaten," jelasnya.

Sementara itu, Kades Cigondang Cepi Suteja, ketika menghubungi tim iNewsCilegon.id menuturkan, bahwa jalan rusak didepan kantor desa cigondang merupakan kewenangan Kabupaten, sementara jalan dari Pantai Galau menuju PLTU Banten 2 Labuan merupakan ranah Provinsi.

"Jalan depan kantor desa Itu jalan pemkab, untuk jalan yang dari Pantai Galau arah Kampung Lantera itu provinsi, insya Allah dalam minggu-minggu ini jalan tersebut akan segera diperbaiki, anggarannya dari dana aspirasi anggota DPRD Provinsi Banten Bapak Eri Suhaeri," terangnya.

Cepi menambahkan, perbaikan jalan didepan kantor desa akan diperbaiki dengan menggunakan pavingblok, sementara untuk jalan kewenangan provinsi akan dibeton.

"Jalan rusak sepanjang 180 meter didepan kantor desa cigondang akan dipavingblok, sementara jalan dari kampung lantera sepanjang 1 kilo meter akan dibeton, dari dana aspirasi Pak Eri Suhaeri. Saya mengimbau agar masyarakat Cigondang dan sekitarnya bersabar, ini akan segera diperbaiki," pungkas Cepi.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini