Logo Network
Network

Komitmen Kemenparekraf Bangkitkan Ekonomi Kotawaringin Barat Lewat Destinasi Susur Sungai TNTP

Tim iNews
.
Jum'at, 21 Oktober 2022 | 18:16 WIB
Komitmen Kemenparekraf Bangkitkan Ekonomi Kotawaringin Barat Lewat Destinasi Susur Sungai TNTP
Desa Sei Sekonyer tak hanya memiliki destinasi susur sungai, namun ada juga Feeding Orang Utan. Foto: Ist

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsCilegon.id - Desa Wisata Sei Sekonyer, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah masuk dalam 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Wisata sensasi susur sungai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang sudah mendunia, menjadi destinasi andalan Taman Nasional Tanjung Puting. Para wisatawan dapat menelusuri dengan menggunakan kelotok atau kapal wisata khas.

Rombongan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkesempatan mengunjungi destinasi tersebut. Seharusnya, kunjungan itu dihadiri langsung oleh Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Namun, Mas Menteri -sapaan Sandiaga Uno- berhalangan hadir. Mas Menteri diwakili oleh Direktur Tata Kelola dan Destinasi Kemenparekraf, Indra Ni Tua.

Indra dan rombongan begitu tiba di dermaga Desa Wisata Sei Sekonyer langsung disambut oleh Duta Wisata Sei Sekonyer. Setelah melakukan serangkaian protokol kesehatan, rombongan yang mendapat sambutan hangat masyarakat itu, kemudian mendengarkan paparan dari pengelola desa wisata setempat. 

Dalam sambutannya, Indra mengapresiasi Desa Sei Sekonyer yang masuk dalam 50 besar ADWI 2022. Dia mengatakan, itu berdasar penilaian dewan juri yang independen dan kompeten.

“Mitra strategis Astra, akan ada pendampingan selama setahun untuk pengembangan desa wisata ini. Dengan semua potensi yang ada. Demi kemakmuran warga desa dan menjaga lingkungan alam dan budaya adat istiadat,” ujar Indra disambut riuh tepuk tangan masyarakat. 

Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Anang Dirjo berharap peran serta masyarakat untuk terus mendukung keberlangsungan Desa Sei Sekonyer. ”Kami berharap dengan masuknya 50 ADWI bisa menjadi pariwisatanya dikelola lebih baik lagi,” terangnya. 

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.