get app
inews
Aa Read Next : Ganjar hingga Sandi ucap Selamat atas Keberhasilan Putri Ariani, Begini Kata Warganet

Kemenparekraf Angkat Aspek Keberlanjutan baik Ekonomi, Budaya maupun Lingkungan melalui Program ADWI

Minggu, 23 Oktober 2022 | 19:59 WIB
header img
Dalam sambutannya, Vinsensius mengatakan, pentingnya menjaga seni budaya yang sudah diturunkan leluhur dan tokoh sebelumnya. Foto: Ist

SIKKA, iNewsCilegon.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kali ini menyambangi Desa Umauta di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Desa tersebut masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 

Pada kesempatan ini, Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno berhalangan hadir. Mas Menteri -sapaan Sandiaga Uno- diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu

Desa Umauta masuk daftar 50 desa wisata terbaik ADWI 2022 setelah melalui uji standar penilaian tim juri yang terdiri dari tujuh kategori. Yakni 1. Daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya), 2. Suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya), 3. Homestay, 4. Toilet umum, 5. Digital dan kreatif, 6. Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE), dan 7. Kelembagaan Desa. Mereka nantinya akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf, Astra, melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA). 

Kehadiran Vinsensius dan rombongan Kemenparekraf disambut hangat masyarakat dan jajaran pemerintahan setempat. Dalam kesempatan itu, rombongan diberikan pengalungan kain tenun ikat dan ritual adat pemakaian Lado sebagai tamu. Tampak pula Bupati Sikka F. Roberto Diogo beserta jajarannya menyambut. 

Kemudian, rombongan menuju tempat presentasi di Rumah Seni Budaya Doka Tawa Tana sambil diiringi Tarian Soka Papak. Sebelumnya, kegiatan tersebut diawali oleh ritual Bako Wua Ta’a. Yakni suguhan sirih dan tembakau, simbol penerimaan leluhur. Lalu, rombongan mendengarkan presentasi dari pejabat sementara Kepala Desa Umauta dan paparan pengelola desa wisata tersebut, yakni Cletus Beru.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut