get app
inews
Aa Read Next : Mimpi Tanahnya Disinari Cahaya, Kakek Ini Dapat Uang Miliaran Rupiah

4 Penyebab Mimpi Buruk, Nomor 3 Sering Disepelekan

Selasa, 08 November 2022 | 10:30 WIB
header img
Penyebab mimpi buruk saat tidur. Beberapa penyebab mimpi buruk saat tidur, diantaranya trauma dan gangguan tidur. Foto: Ilustrasi/pexels

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Penyebab mimpi buruk saat tidur. Kalian pasti pernah mengalami mimpi buruk yang menakutkan saat tidur, Bahkan ketika terbangun mengalami ketakutan dan kekhawatiran, Hal itu bisa terjadi kepada orang dewasa ataupun anak-anak.

Untuk anak-anak usia 3 sampai 6 tahun, mungkin sering mengalami mimpi buruk, dan cenderung berkurang pada saat mereka mencapai usia 10 tahun. Namun, sejumlah orang dewasa bahkan sering mengalami mimpi buruk sepanjang hidup mereka.

Secara medis, Dokter menyebut kondisi buruk sebagai parasomnia, sejenis gangguan tidur yang terdiri dari pengalaman tidak menyenangkan yang terjadi saat kamu tidur atau bangun.

4 penyebab mimpi buruk saat tidur:

1. Trauma 

Setelah kecelakaan, cedera, pelecehan seksual dan fisik atau insiden traumatis lainnya, mimpi buruk sering terjadi. khususnya bagi orang yang menderita gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Trauma sendiri bisa dipicu oleh stres pada fisik dan mental.

2. Gangguan Suasana Hati

Kekhawatiran mungkin terjadi pada kehidupan sehari-hari, seperti konflik di tempat kerja, sekolah atau rumah. Hal itu bisa memicu terjadinya mimpi buruk.

Selain itu, hal yang sama juga bisa terjadi saat ada perubahan signifikan, seperti kehilangan orang yang dicintai. Mimpi buruk bisa terjadi saat kecemasan dan keputusasaan hadir. Pada orang dewasa, biasanya dipengaruhi oleh berbagai pemicu psikologis.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut