get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik, Vaksin Kanker Serviks akan Diberikan Gratis untuk Siswi Kelas 5 dan 6

Banyak Serang Anak, Hari Pneumonia Sedunia, Pfizer Ajak Cegah Pneumonia Sejak Dini Lewat Vaksinasi

Sabtu, 12 November 2022 | 21:06 WIB
header img
Di Hari Pneumonia Sedunia 2022, Pfizer dan Lippo General Insurance didukung Siloam Hospitals menyelenggarakan sebuah diskusi bertajuk “Risiko Pneumonia di Era New Normal: Siapa Saja, Dimana Saja, Bisa Kena”. Foto: Tim iNews

Vaksinasi pneumonia dapat mencegah infeksi dari bakteri dan virus yang dapat menyebabkan pneumonia. Hal ini berlaku, baik bagi anak maupun dewasa.

"Pemberian vaksin pada anak diprioritaskan dalam 2 tahun pertama usia anak, karena sistem imun yang lebih rendah dan menyebabkan anak lebih rentan terhadap penyakit menular, terutama yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus seperti pneumonia. Vaksinasi pneumonia bagi anak dilakukan sebanyak tiga kali plus satu kali sebagai boosting atau vaksin penguat. Sedangkan untuk dewasa, vaksinasi pneumonia hanya perlu dilakukan sebanyak satu kali,” jelas dr. Allen.

Pada bulan Mei 2022, Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM) memberikan persetujuan bahwa vaksin pneumonia telah dapat diberikan untuk semua rentang usia, mencakup bayi, anak, dan remaja dari usia 6 minggu hingga 17 tahun serta dewasa berusia 18 – 49 tahun.

Ini merupakan tambahan dari penggunaan vaksin yang telah disetujui untuk mencegah pneumonia bagi anak-anak berusia 6 bulan – 5 tahun dan dewasa diatas usia 50 tahun.

Menanggapi potensi pekerja yang rentan terhadap pneumonia, dr. Raymos Parlindungan Hutapea, MKK., Sp.Ok, Subsp.BioKO(K) dari PERDOKI (Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia) menyampaikan, “Kami memandang penting untuk melindungi kelompok pekerja rentan faktor risiko pneumonia, ini merupakan salah satu penyakit okupasi. Maka pencegahan terhadap pneumonia melalui vaksinasi menjadi krusial, agar pekerja dapat berkarya secara efektif, tanpa risiko yang berarti bagi dirinya, rekan kerja, maupun masyarakat.”

Lebih lanjut dr. Raymos berharap dengan adanya peningkatan derajat kesehatan dan keselamatan pekerja, akan dapat meningkatkan derajat kesehatan produktivitas pekerja.

Menimbang risiko pneumonia yang dapat berdampak terhadap siapa saja dan dimana saja, Agus Benjamin atau Pak Ben, Presiden Direktur Lippo General Insurance menegaskan tentang pentingnya proteksi diri dari risiko pneumonia dari segi kesehatan dan finansial. 

“Dengan membuat anggaran untuk jaminan kesehatan, akan sangat membantu ketika ada kebutuhan tak terduga muncul," tandasnya. 

Hal kecil untuk hal besar, begitu ucap Pak Ben. "Hidup sehat, olahraga, jalan teratur, makan teratur, istirahat cukup, hal kecil yang kita lakukan namun berdampak besar untuk kesehatan," sebutnya.

"Saya pernah bertemu dengan seseorang yang tetap sehat meski umurnya 90 tahun. Saya tanya rahasianya, dia mengatakan sebelum usia 40 tahun, lakukan pola hidup sehat. Nah, berkaitan dengan pneumonia, kita harus lakukan pola hidup sehat. Vaksin juga sebagai upaya terbaik untuk mencegah biaya yang lebih besar," kata Pak Ben. 

Bambang Chriswanto, Policy and Public Affairs Director PT Pfizer Indonesia menyampaikan rasa terima kasih dan kembali menegaskan komitmen PT Pfizer Indonesia dalam mengadakan berbagai program kegiatan untuk kesadaran dan pemahaman tentang pneumonia, secara online maupun offline, baik untuk para profesional kesehatan maupun masyarakat umum.

"Penandatanganan MOU semalam antara PT Pfizer Indonesia dengan penyedia layanan kesehatan Prodia, juga merupakan salah satu bentuk komitmen kami," pungkas Bambang.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut