get app
inews
Aa Read Next : Cristiano Ronaldo Digugat, Buntut Promosikan Uang Crypto Binance

Mengenal Gastritis, Penyakit Serius yang Bikin Cristiano Ronaldo Tumbang Jelang Piala Dunia 2022

Jum'at, 18 November 2022 | 05:45 WIB
header img
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes).

CILEGON, iNewsCilegon.id - Pesepak bola dunia yang terkenal dengan sebutan CR7 atau Cristiano Ronaldo tumbang jelang piala dunia 2022 di Qatar, Dubai. Cristiano Ronaldo mengalami gastritis saat menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Portugal. Penyerang 37 tahun itu dipastikan absen dalam laga ujicoba melawan Nigeria.

Gastritis atau yang sering kita kenal dengan sakit maag seperti yang dialami Cristiano Ronaldo, adalah peradangan yang terjadi pada lapisan dinding lambung dalam kantung nasi.

Kondisi ini ditandai dengan adanya nyeri di bagian ulu hati. Jika dibiarkan secara terus menerus, gastritsi dapat menimbulkan komplikasi serius, seperti tukak lambung.

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, Gastritis terbagi menjadi dua jenis, yaitu gastitris kronis dan akut. Gastritis akut terjadi ketika radang di lapisan lambung berlangsung secara kondisi tiba-tiba, hal ini menyebabkan nyeri pada ulu hati yang hebat dengan sifat sementara. Namun, jika tidak ditangani secara segera, gastritis akut bisa berlanjut menjadi kronis.

Pada gastritis kronis, peradangan di lapisan lambung terjadi secara perlahan dengan waktu cukup lama.

Nyeri yang diakibatkan lebih ringan dibandingkan dengan gastritis akut, tetapi muncul lebih sering dan terjadi dengan waktu yang lebih lama.

Penyebab Gastritis

Gastritis terjadi ketika dinding lambung mengalami peradangan. Penyebabnya pun bermacam-macam, tergantung pada jenis gastritis itu sendiri.

Gastritis Akut

Gastritis akut terjadi jika dinding lambung dalam keadaan melemah atau rusak secara tiba-tiba. Akibatnya lambung bisa terpapar oleh cairan asam lambung dan mengalami iritasi. Penyebab Gastritis akut adalah :

  • Menggunakan obat-obatan tertentu, seperti obat kortikosteroid dan antiinflamasi nonsteroid.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
  • Menderita penyakit tertentu seperti gagal ginjal, refluks empedu, dan infeksi virus atau bakteri seperti Helicobacter pylori.
  • Mengalami stres yang berat.
  • Mengidap penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang dinding lambung.
  • Mengalami efek samping akibat prosedur operasi

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut