4 Negara Pemilik Rekor Gempa Paling Mengerikan di Dunia, Salah Satunya Indonesia 

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Selasa, 22 November 2022 | 08:14 WIB
The fire of ring atau Cincin Api (Foto: Ilustrasi).

CILEGON, iNewsCilegon.id - The Pacific Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik adalah area tektonik dan seismik yang sangat aktif dan membingkai Samudra Pasifik. Ada yang namanya Parit Samudra, yang mana lempengan bumi bergerak perlahan-lahan ke bawah.

Kemudian ada yang namanya vulkanik area, yakni daerah yang memiliki banyak gunung berapi, salah satunya Indonesia. Sehingga tak mengherankan kalau 80 persen negara yang dilewati cincin api tersebut sering alami gempa.

Dilansir iNewsCilegon.id dari AZ Animals, Selasa (22/11/2022), berikut empat negara yang dilewati The Pacific Ring of Fire dengan rekor gempa bumi paling mengerikan didunia:

1. Indonesia 

Indonesia diduga-duga lebih banyak mengalami gempa namun tidak terdeteksi karena keterbatasan teknologi dan kondisi negara yang berupa pulau-pulau.

Para ahli percaya negara ini memiliki jaringan seismik yang padat, akibatnya banyak gempa-gempa kecil yang tidak terdeteksi.

Namun Indonesia memiliki rekor gempa dengan Tsunami terdahsyat pada tahun 2004 di Aceh. Gempa berkekuatan 7,3 magnitudo menghasilkan gelombang air setinggi 30 meter.

Akibat Tsunami tersebut, tercatat sebanyak 230 ribu orang menjadi korban meninggal dunia termasuk yang tidak teridentifikasi dan dinyatakan hilang.

2. Chile 

Pesisir Chile berada tepat di Lempang Amerika Selatan dan Lempeng Nazca. Kedua lempeng tersebut bertabrakan dan sering mengakibatkan gempa bumi.

Gempa tahun 1960 di Valdivia, Chile tercatat sebesar 9,5 magnitudo yang dinobatkan sebagai gempa bumi terkuat di dunia.

Sejak tahun 1570-an, Chile telah mengalami gempa bumi berkekuatan di atas 8,0 magnitudo. Banyak dari gempa tersebut yang pada akhirnya menghasilkan Tsunami.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini