6 Tips yang Penting Dilakukan saat Terjadi Gempa

Ila Nurlaila Sari
.
Selasa, 22 November 2022 | 09:16 WIB
Gempa. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Seringkali gempa bumi dengan guncangan yang cukup kuat dapat berpotensi mengakibatkan gempa susulan yang akhirnya membuat orang-orang merasa panik.

Saat terjadi gempa, tanda-tanda awal yang dapat diketahui yakni berupa getaran-getaran kecil yang dapat mengguncang seisi rumah hingga membuat orang-orang merasa pusing.

Setelah adanya gempa, tidak menutup kemungkinan dapat terjadi lagi gempa susulan yang bisa saja lebih berat atau terjadi dengan skala yang cukup ringan dan dapat ditolerans, seperti yang terjadi pada gempa Cianjur, Jawa Barat.

Berikut enam tips yang dapat dipersiapkan ketika gempa terjadi:

1. Berdoa 

Karena saat menghadapi bencana alam, doa yang diucapkan dengan penuh keyakinan dapat membantu menyelamatkan manusia dari bencana.

2. Memiliki aplikasi BMKG

Aplikasi informasi gempa yang disediakan oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) cukup dibutuhkan saat terjadi gempa.

Melalui aplikasi ini, update seputar gempa dapat diketahui yang mana dapat menampilkan informasi kejadian gempa yang real-time di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini sangat dibutuhkan saat terjadi gempa susulan yang mengharuskan adanya evakuasi penduduk, karena melalui aplikasi ini dapat terpantau daerah dengan zona yang aman untuk dilakukan evakuasi.

3. Membuat akses untuk keluar rumah yang mudah dijangkau

Pada saat terjadi gempa, akses keluar rumah sangat penting terutama di malam hari untuk mencegah kemungkinan bangunan gedung atau rumah roboh.

Usahakan akses tersebut dapat lebih dipermudah dengan cara jangan mengunci pintu kamar, serta menyimpan kunci pintu utama rumah di tempat yang mudah dijangkau.

Selain itu, sebaiknya jangan tidur di kamar yang lokasinya jauh dari pintu utama.

4. Amankan barang berharga dan barang yang dibutuhkan

Setelah mengalami gempa pertama, bisa jadi akan ada gempa susulan. Namun, terkait kekuatan gempa yang semakin besar atau kecil tidak ada yang dapat memprediksinya.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi agar tidak ada terjadi kehilangan barang berharga, persiapkan tas pinggang atau tas selempang yang berisi barang-barang berharga seperti uang tunai, kartu ATM, ponsel, perhiasan, dan makanan atau minuman.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini