get app
inews
Aa Read Next : Yuk Lihat Koleksi Mobil Mbappe, Striker Prancis Peraih Sepatu Emas Piala Dunia 2022

7 Fakta Unik Qatar, Nomor 4 Jumlah Pria 3 Kali Lebih Banyak dari Wanita

Rabu, 07 Desember 2022 | 09:20 WIB
header img
7 Fakta Unik dan Menarik Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Qatar merupakan Negara yang cukup kecil dari segi ukuran wilayah, namun Qatar menjadi negara terkaya di dunia, di atasnya Luksemburg.

Saat ini, Qatar sedang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Negara di Teluk Arab ini dipimpin seorang emir bernama Skheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Berdasarkan sejarah, masyarakatnya, geografi dan populasi yang multikultural, Qatar merupakan salah satu negara paling menarik di dunia.

Dilansir iNewsCilegon.id dari laman Time Out Doha, ada 7 fakta unik tentang negara ini. Berikut ulasannya:

1. Nama Qatar Berasal dari Tahun 50 AD (Kalender Masehi)

Penulis Romawi Pliny the Elder merujuk pada penduduk yang sekarang disebut Qatar sebagai "Catharrei" pada pertengahan abad pertama, dan nama tersebut telah mengalami beberapa pengulangan sejak saat itu.

Selanjutnya nam Catara digunakan hingga abad ke-18. Ketika Katara menjadi ejaan yang lebih umum, dan beberapa variasi, termasuk Katr, Kattar, dan Guttur, juga biasa digunakan hingga Qatar secara resmi diadopsi sebagai nama negara.

2. Qatar Negara Terkaya di Dunia

Menurut perkiraan Dana Moneter Internasional tahun 2020, produk domestik bruto (PDB) Qatar per kapita mencapai USD138.910. Ia berada di atas Luksemburg, negara terkaya kedua dengan PDB per kapita USD112.045.

Juga tidak mengherankan, banyak dari kekayaan ini berasal dari minyak bumi dan gas alam, yang jumlahnya lebih dari 60 persen dari PDB.

3. Penghasil Pewarna Kerang Ungu

Penduduk Pulau Al Khor di Qatar adalah yang pertama menghasilkan pewarna kerang ungu.

Para arkeolog telah menemukan benda-benda yang berasal dari milenium kedua sebelum masehi (SM), dan daerah tersebut adalah yang pertama di dunia yang menghasilkan pewarna kerang ungu, itulah sebabnya tempat ini juga dikenal sebagai Pulau Ungu.

Pulau Al Khor menjadi salah satu tempat paling menakjubkan di negara tersebut karena hutan bakau yang luas.

4. Jumlah Pria Lebihi Wanita dengan Perbandingan 3:1

Menurut angka sensus terbaru dari Desember 2020, jumlah pria melebihi jumlah wanita di Doha sekitar tiga banding satu, dengan hanya 811.600 wanita dari populasi 2.846.118 jiwa.

Faktanya, Qatar memiliki rasio pria dan wanita tertinggi di dunia, dengan rasio pria/wanita rata-rata di seluruh dunia mencapai 1,02. Uni Emirat Arab dan Bahrain juga memiliki rasio laki-laki/perempuan yang tinggi, masing-masing sebesar 2,56 dan 1,53.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut