get app
inews
Aa Read Next : Sejarah dan Asal Usul Crombolini, Pastry Berbentuk Spiral yang Viral di Indonesia

Akhirnya Lionel Messi Setara Maradona, Bawa Argentina Juara Piala Dunia

Senin, 19 Desember 2022 | 12:09 WIB
header img
Lionel Messi rayakan euforia kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar (Foto: istimewa).

CILEGON, iNewsCilegon.id - Akhirnya Lionel Messi setara Diego Maradona yang berhasil membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia. Lionel Messi memang kerap dibanding-bandingkan dengan Maradona tetapi diejek karena sebelumnya selalu gagal membawa Argentina juara Piala Dunia.

Kini Messi bisa bernapas lega. Perjuangannya bertahun-tahun tak sia-sia.

Timnas Argentina jadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar setelah menang 4-2 adu penalti atas Timnas Prancis di babak final Piala Dunia 2022 Qatar, Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Tim Tango, julukan Argentina menang dramatis lewat adu pinalti di final Piala Dunia 2022 Qatar.

Pada babak normal selama 90 menit, Argentina dan Prancis bermain  2 – 2. Pada babak tambahan pun, kedua tim kembali berimbang setelah Argentina menambah gol yang dibalas Kylan Mbappe, skor bertahan 3 – 3.

Di waktu normal dan perpanjangan waktu, tiga gol Argentina dua di antaranya dicetak oleh Lionel Messi melalui titik penalti di menit ke-23 dan 108' dan Angel Di Maria pada menit ke-36'. Sedangkan tiga gol Prancis diborong Kylian Mbappe.

Keberhasilan itu membuat Argentina menambah koleksi trofi Piala Dunia menjadi tiga. Sebelumnya, Argentina juara Piala Dunia pada 1978 dan 1986.

Trofi ketiga Argentina memiliki nilai sejarah setelah 36 tahun menanti kembali juara.

Sedangkan bagi Prancis kegagalan di final Piala Dunia 2022 sekaligus membuyarkan mimpi mencatat sejarah back-to-back juara menyamai prestasi Brasil 1962.

Empat tahun lalu di Rusia, Prancis juara Piala Dunia 2018 setelah menaklukkan Kroasia di final.

Setelah bermain imbang hingga akhir babak tambahan, Argentina memenangi babak adu penalti ketika keempat eksekutornya berhasil menjebol gawang Lloris, di saat Kingsley Coman mendapati tembakannya ditepis kiper Emiliano Martinez dan tendangan Aurelien Tchouameni melebar.

Kemenangan kali ini, merupakan gelar ketiga Argentina di Piala Dunia setelah terakhir kali memenangi turnamen pada 1986.

Kemenangan itu juga sekaligus mewujudkan mimpi Lionel Messi di pentas tertinggi sepak bola pada apa yang kemungkinan menjadi Piala Dunia terakhirnya.

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, Berikut daftar Argentina juarai Piala Dunia.

1.1978 Argentina 3-1 Belanda

2. 1986 Argentina 3-2 Jerman Barat

3. 2022 Argentina 4-2 Perancis

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut