get app
inews
Aa Read Next : Kemunculan Bunga Bangke Gegerkan Warga Carita Pandeglang

Mengenal Rafflesia Arnoldi, Bunga Terbau di Dunia yang Ditemukan 200 Tahun yang Lalu di Kalimantan

Senin, 09 Januari 2023 | 14:20 WIB
header img
iunga Raflesia Arnoldi. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Rafflesia adalah tanaman parasit tanpa daun, akar, dan batang yang terlihat. Rafflesia arnoldii dinobatkan oleh BBC Wild Life Magazine sebagai bunga terbesar di dunia.

Selain terbesar, Rafflesia arnoldii juga menjadi bunga paling bau di dunia, sehingga biasa disebut sebagai 'bunga bangkai'.

Demi mendapatkan air dan nutrisi untuk hidup, ia menempel pada tanaman inang.

Rafflesia juga hanya sporadis yang mana menampakkan kehadirannya dengan menghasilkan bunga besar dan mengeluarkan aroma tak sedap.

Dikutip iNewsCilegon.id dari laman resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bunga Rafflesia Arnoldii ini ditemukan pertama kali pada 1818 di hutan Sumatera.

Ditemukan pertama kali oleh seorang guide yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold dan sedang mengikuti ekspedisi dari penjalanan Thomas Stanford Raffles.

Oleh karenanya, nama tumbuhan ini terinspirasi dari penemunya, yakni gabungan antara Raffles dan Arnold. 

Bunga Rafflesia Arnoldii juga dikenal sebagai padma raksasa yang mana sudah ditetapkan menjadi Puspa Langka Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

Pada tahun 2006, penelitian pada bunga Rafflesia arnoldii yang ada di Kebun Raya Bogor mencari tentang upaya penumbuhan biji pada bunga ini.

Setelah 16 tahun sejak upaya untuk menumbuhkan, muncullah beberapa knop bakal bunga yang salah satunya bisa mekar pada 12 September 2022.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut