get app
inews
Aa Read Next : Wow! Santri Pintu Langit Cilegon Terjun Bersihkan Sampah di Seba Badui

Banyak Limbah dan Sampah, Ini 5 Kota Terkotor di Indonesia

Selasa, 17 Januari 2023 | 07:52 WIB
header img
Tumpukan Sampah. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahunnya memberikan penilaian terhadap sejumlah kota di Indonesia.

Dengan tujuan agar semakin banyak rakyat Indonesia yang menjaga kebersihan dan keindahan kota yang ditinggalinya saat ini.

Menurut penilaian Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), ada kriteria suatu kota dianggap kotor, yakni:

  • Penilaian fisik yang tidak sesuai standar. Contohnya, masih terdapat sampah-sampah yang tidak di daur ulang, hingga sungai-sungai yang tercemar akibat sampah.
  • Komitmen pemerintah yang dianggap masih kurang peduli dengan kebersihan kotanya.
  • Partisipasi publik yang jauh dari kata ‘sempurna’, karena masih tidak peduli dengan kebersihan lingkungan sekitarnya, masih saja membuang sampah sembarangan dan penggunaan bahan plastik yang tidak wajar.

Berikut 5 kota paling kotor di Indonesia, yuk simak ulasannya.

1. Sorong

Kota terkotor di Indonesia berdasarkan penilaian KLHK adalah Sorong.

Kota Minyak yang terletak di Provinsi Papua Barat ini, masuk dalam kategori kota sedang dalam penilaian kota terkotor.

Permasalahan utama dari Kota Sorong adalah karena tempat proses akhir atau TPA sampah yang masih melakukan pembuangan terbuka, serta belum adanya kebijakan resmi mengenai pengelolaan sampah rumah tangga dan pabrik.

Meski begitu, sebanyak 75 persen masyarakat Kota Sorong tak yakin mengenai kinerja Tim Penilai Adipura yang memasukkan kota ini dalam kategori kota terkotor.

2. Manado

Manado yang merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Utara juga mendapat predikat kota terkotor di Indonesia karena pengelolaan sampah yang masih buruk di Manado.

Bahkan di pinggir jalan depan RS Advent Teling menjadi tempat penampungan sampah sementara padahal sanitasi harus bersih apalagi dekat rumah sakit.

Selain itu, Manado juga dirasa kurang dalam pengelolaan limbah dan bahan beracun berbahaya.

Pemerintahan kota Manado sudah berusaha meningkatkan kebersihan dan tentunya itu perlu dukungan masyarakat juga agar lebih bijak dalam mengelola sampah.

Sehingga saat penilaian program Adipura oleh KLHK, kota Manado mendapat nilai paling rendah.

3. Kota Bandar Lampung

Salah satu kota besar di Lampung ini juga mendapatkan predikat kota paling kotor di Indonesia.

Bahkan dalam penilaian piala adipura (Kebersihan kota), kota Bandar Lampung tidak masuk kriteria.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN sempat menolak pemberian predikat ini karena dirasa daerah yang dipimpinnya tidak pantas menyandang predikat kota terkotor. Hal ini karena dapat mencederai masyarakat.

4. Medan

Kota Medan adalah kota yang terletak Provinsi Sumatera Utara. Dalam kategori kota metropolitan, Medan tergolong dalam kota terkotor di Indonesia.

Kebiasaan warga untuk membuang sampah sembarangan dan kurangnya saluran irigasi yang menyebabkan penumpukan sampah di Kota Medan.

5. Waikabubak

Terakhir adalah Kota Waikabubak yang terdapat di Sumatra Barat. Kota ini dinilai sebagai kota terkotor di Indonesia karena dianggap kurang tertata dengan rapi dan baik.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya fasilitas publik seperti jembatan, pantai, lampu jalanan yang dibiarkan rusak dan tidak terpakai. 

Lokasi areal pasar lama Waikabubak juga dinilai berserakan dan tidak teratur juga menghasilkan sampah yang menumpuk dan merusak lingkungan. 

Namun saat ini pemerintah Waikabubak berusaha membenahi tata kota mereka dan mengurangi produksi sampah agar kota Waikabubak menjadi lebih asri dan nyaman ditinggali.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut