Awas! 5 Resiko dan Bahaya Menggunakan WhatsApp GB yang Harus Anda Ketahui

Insan Sujadi
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 07:04 WIB
Awas! Berikut 5 Resiko dan Bahaya Menggunakan WhatsApp GB yang Harus Anda Ketahui. Foto: MNC Media

CILEGON, iNewsCilegon.id - Resiko dan bahaya menggunakan WhatsApp GB perlu Anda perhatikan dan waspadai. WhatsApp GB merupakan aplikasi yang tidak memiliki legal standing atau ilegal dan dapat mengintai penggunanya loh.

Menggunakan aplikasi ilegal WhatsApp tentu merupakan langkah yang tidak bijak dan beresiko besar. Masyarakat yang menggunakan WhatsApp GB sudah memahami banyaknya fitur tambahan seperti WhatsApp Pay, pilihan bahasa yang beragam, bisa menggunakan lebih dari satu nomor dan lainnya.

Disamping fitur yang beragam, WhatsApp GB memiliki risiko yang berbahaya bagi data, identitas dan privasi Anda karena tanpa adanya pemeriksaan data. Berikut bahaya yang mengancam Anda ketikan menggunakan WhatsApp GB: 

Resiko dan Bahaya Menggunakan WhatsApp GB

1. Privasi Tidak Aman

WhatsApp resmi milik Mark sangat mengedepankan keamanan privasi pengguna, hal itu dibuktikan karena adanya fitur enkripsi End-to-end untuk mengamankan percakapan pesan pengguna.

Sedangkan WhatsApp GB malah melakukan hal sebaliknya. Tidak adanya kemanan pesan pengguna, bahkan pesan yang sudah ditarik masih dapat dibaca oleh pengguna WhatsApp GB.

2. Tidak Ada Pembaruan Otomatis

Pembaruan otomatis untuk menangkal virus malware yang berbahaya bagi ponsel Anda. WhatsApp GB tidak menyediakan fitur itu, bahkan ada kemungkinan virus malware dan spyware akan menyerang ponsel Anda setelah mendownload WhatsApp GB.

3. Rawan Pemblokiran 

Risiko dan bahaya menggunakan WhatsApp GB selanjutnya adalah ancaman diblokir. Pasalnya WhatsApp Inc yang resmi akan menindak tegas pengguna WhatsApp GB dengan melakukan pemblokiran akun sementara hingga permanen.

WhatsApp besutan Meta tidak akan bertanggung jawab terhadap penggunaan aplikasi yang ilegal dan tidak ada validasi kemanannya.

4. Tidak Ada Pemeriksaan Keamanan 

WhatsApp resmi secara rutin melakukan pemeriksaan kemanan terhadap hal-hal yang dapat menciptakan masalah seperti peretasan keamanan dan privasi. Sedangkan WhatsApp GB tidak melakukan pemeriksaan keamanan.

5. Tidak Ada Fitur Back-Up

Jika Anda mengganti perangkat gawai Anda, tentunya Anda menginginkan data-data penting di gawai lama masih bisa diakses. Fitur back-up data sudah disediakan oleh WhatsApp resmi. Sedangkan WhatsApp GB tidak menyediakan fitur itu.

Nah itulah 5 resiko dan bahaya menggunakan WhatsApp GB yang dapat mengancam privasi, data penting, dan merugikan ponsel Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini