get app
inews
Aa Read Next : Resep Mencintai Pekerjaan, Sebuah Seni dalam Mencari Uang

Inilah 4 Pekerjaan yang Kemungkinan Tergantikan oleh Chat GPT, Adakah Profesi Anda?

Selasa, 14 Februari 2023 | 00:01 WIB
header img
Inilah 4 Pekerjaan yang kemungkinan tergantikan oleh Chat GPT, adakah profesi Anda? Foto: ilustrasi/Freepik

CILEGON, iNewsCilegon.id - Belum lama ini, Chat GPT memukau pengguna internet. Kehadiran platform kecerdasan buatan telah memicu banyak diskusi. Di luar seruan akan kecanggihan dan beragam kegunaan, jenis profesi apa yang bisa diganti oleh AI di masa depan oleh Chat GPT.

Chat GPT adalah platform kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh OpenAI Inc., sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di San Francisco, AS. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang juga membangun platform AI visual imaging yang kerap menerima keluhan dari para penggiat seni digital.

GPT dalam nama produk AI adalah singkatan dari Generative Pre-Trained Transformer, yaitu adalah chatbot yang bisa menjawab pertanyaan seperti halnya orang menjawab pertanyaan dari orang lain.

Namun, obrolan GPT dilengkapi dengan sistem machine learning canggih, berkat fungsi platform yang tidak terbatas untuk menjawab pertanyaan seperti Siri atau Alexa. Seharusnya, chat GPT versi terbaru bisa digunakan untuk pengembangan web, musik, coding, dll.

Dengan manfaat yang begitu banyak, jenis pekerjaan apa yang dapat digantikan oleh Chat GPT seiring berkembangnya platform? Dilansir dari CBSNews.com (13/2), simak ulasan di bawah ini.

Pekerjaan yang Tergantikan oleh Chat GPT

1. Computer Progamming 

Chat GPT dapat mengkompilasi kode komputer untuk membuat aplikasi dan perangkat lunak/software. Kepintaran Chat GPT juga memungkinkan pengguna untuk memeriksa kesalahan pengkodean manusia dan mengonversi ide dari bahasa inggris biasa ke bahasa pemrograman.

"Menurut saya, alih-alih menggantikan profesi secara penuh, AI akan mempertajam buatan manusia. Coding dan programming itu contohnya, Chat GPT bisa menulis kode cukup baik," tutur Professor Columbia Business School Oded Netzer.

Netrzer mengatakan, jika programmer menulis kode yang tak lain adalah pengkonversian ide menjadi kode, mesin dapat melakukannya. Hal-hal seperti ini memang tak dapat dielakkan, kata Netzer, namun AI bisa membantuk programmer menemukan kesalahan dalam susunan kode dan menuliskannya lebih efisien.

2. Administrasi

Pekerjaan administrasi yang sederhana tentu bisa digantikan oleh Chat GPT. Tugas-tugas ringan seperti menulis press release, surat HRD, menangani korespondensi, menulis copy adveritising, dan sebagainya, dapat dilakukan lebih cepat dengan Chat GPT.

3. Administrasi Legal

Chat GPT dapat membalas pesan terkait masalah hukum. bleum lama ini, Chat GPT lulus ujian hukum dan mendapat nilai positif setelah menulis esai tentang hukum tata negara dan pajak.

Menurut CEO Ironclad Jason Boehmig, pengacara dan firma hukum memiliki beban administrasi yang sangat besar yang hampir tidak dapat dikelola dalam waktu singkat.

menurut Boehmig, Chat GPT juga dapat bertanggung jawab untuk menyusun dokumen hukum sederhana seperti perjanjian sewa, perjanjian warisan, atau perjanjian kerahasiaan. Netzer menyambung, bahwa naskah-naskah hukum pada umumnya adalah kalimat-kalimat berpola, dan berulang.

4. Penulis

Profesi penulis secara umum juga termasuk dalam pembahasan ini. Bisakah Chat GPT menggantikan peran dan kreativitas penulis? Ada yang bilang tidak karena mesin tidak bisa sepenuhnya meniru kreativitas manusia dalam menyusun kata-kata.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa pekerjaan yang membutuhkan pengetikan yang lama akan digantikan oleh Chat GPT di masa mendatang. Karena salah satu keunggulan Chat GPT adalah pengeditan dan pembuatan konten secara otomatis. 

Kecerdasan yang tertanam pada Chat GPT memungkinkan platform untuk mempelajari teks yang ada dan menggunakannya untuk membuat teks baru sesuai dengan subjek dan gaya bercerita yang diinginkan oleh pengguna.

Ini adalah berbagai jenis pekerjaan yang suatu saat dapat digantikan oleh mesin pintar seperti Chat GPT. Semakin tidak membutuhkan kreatifitas, maka karya tersebut berpotensi tergantikan.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut