get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Kompaknya Pejabat Tinggi Banten di Pelabuhan Merak Wujudkan Arus Mudik Lancar

Rabu, 19 April 2023 | 00:27 WIB
header img
Kompaknya para pejabat tinggi Banten. Dari kiri ke kanan: Wakapolda Banten Brigjen Sabilul Alif, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, dan Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Subarna. Foto: iNews Cilegon/Mada Mahfud

CILEGON, iNewsCilegon.id – Pejabat Banten begitu kompak untuk bahu membahu dalam mewujudkan arus mudik yang lancar.

Kompaknya para pejabat Banten terlihat saat mereka hadir di Dermaga 6 Pelabuhan Merak Cilegon di H-4, Selasa malam, 18 April 2023.

Hadir pertama kali Wakapolda Banten Brigjen Pol Sabilul Alif (pukul 21.30), setelah itu Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, disusul Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, dan Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Subarna.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat datang pada pukul 22.10 WIB langsung menghibur pemudik. Ia menyumbangkan 3 buah lagu yang diiringi band lokal yang tergabung dalam Ikatan Musisi Merak.

Helldy memang sosok yang dikenal sebagai penggemar musik. Maka tak ayal ia langsung menyambar mikrophone.

Para pejabat tinggi Banten kemudian duduk bersama. Senyum mengambang dari para pejabat tinggi Banten melihat arus mudik yang lancar.

Pada pukul 23.15 WIB mereka keliling Pelabuhan Merak memantau langsung situasi.

Arus Mudik Lancar

Dari data Posko Merak pada 17-18 April 2023, ada 339.340 penumpang meninggalkan Jawa menuju Sumatera. Realisasi total penumpang mencapai 82.448 orang atau turun 13 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun 2022 sebanyak 94.561 orang.

Sementara realisasi kendaraan roda dua mencapai 4.441 unit atau turun 19 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun 2022 sebanyak 5.499 unit.

Berdasarkan pantauan iNews Cilegon pada Kamis (19/4/2023) pukul 00.05, arus mudik di Pelabuhan Merak mengalai peningkatan dari hari-hari sebelumnya. Namun arus pemudik mengalir lancar masuk ke kapal.

Rabu-Kamis Siang Puncak Arus Mudik

Direktur Komersial ASDP Indonesia Ferry Yusuf Hadi memprediksi puncak arus mudik yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera akan terjadi pada Rabu dan Kamis (H-3 dan H-2).

Ia menyatakan peningkatan terlihat dari hari ke hari. Saat ini tingkat okupansi kapal laut mencapai 50 persen per hari, meningkat dari minggu lalu sekitar 20 persen.

”Jadi orang mudik semakin naik mendekati Idul Fitri," kata Yusuf, Selasa (18/4/2023).

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut