get app
inews
Aa
Read Next : Puskesmas Cilegon Gelar Pra Survei Reakreditasi: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Terungkap Shalat Ied Bikit Sehat Jiwa Raga, Ini Penjelasannya

Kamis, 20 April 2023 | 12:03 WIB
header img
3 manfaat shalat ied untuk kesehatan tubuh (Foto: Istimewa).

CILEGON, iNewsCilegon.id - Hari raya odul fitri tinggal menghitung hari. Hari Lebaran biasanya diawali dengan Sholat Idul Fitri berjamaah atau disebut sebagai Sholat Ied.

Sholat Ied ini adalah ibadah yang dilakukan oleh Umat Muslim pada Idul Fitri dan Idul Adha, yang dilakukan pada pagi hari, yaitu sekitar jam 06.30 dan akan selesai sekitar jam 08.00.

Hari raya idul fitri merupakan hari kemenangan bagi Umat Muslim karena sudah berhasil berpuasa selama 30 hari lamanya. Menahan sabar, menahan haus dan lapar, serta berusaha untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Hari lebaran bukan hanya merupakan hari yang membahagiakan bagi umat muslim, namun juga menyimpan manfaat bagi yang menunaikannya.

Lalu apa saja 3 manfaat yang terkandung dibalik shalat ied? Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

1. Tenang Jiwa dan fikiran

Hidup di pusat kota membuat kita haus akan ketenangan, inilah yang didapat pada Sholat Idul Fitri. Ikut ibadah sholat Ied, kemudian berkumpul dengan keluarga, menciptakan perasaan yang tenang dan kesehatan mental yang sangat baik.

Cenderung tidak ada kekhawatiran yang akan muncul ketika kondisi tersebut sudah tercipta sejak pagi hari. Selamat menikmati Hari yang Fitri ini, damai di hati.

2. Bugar

Bangun pagi dan langsung menghirup udara pagi di ruang terbuka, membawa manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Asupan udara dan oksigen yang bersih bisa membuat tubuh menjadi rileks dan siap untuk melakukan banyak aktivitas pada hari tersebut.

3. Sehat Mental

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa Sholat Ied dilaksanakan pada pagi hari, sehingga umat akan bangun pagi bahkan lebih pagi daripada biasanya, bangun pagi inilah yang kemudian membawa manfaat yang luar biasa.

Dikutip dari Gramedia.com, bangun pagi bisa membuat pikiran seseorang menjadi lebih positif dengan tidak adanya rasa khawatir akan terlambat dan terburu-buru

Demikian penjelasan manfaat shalat ied untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut