Logo Network
Network

Seba Baduy: 1.224 Warga Baduy Serbu Pendopo Bupati Lebak Bawa Hasil Panen

Ila Nurlaila Sari
.
Sabtu, 29 April 2023 | 09:50 WIB
Seba Baduy: 1.224 Warga Baduy Serbu Pendopo Bupati Lebak Bawa Hasil Panen
Bawa hasil Panen, ribuan warga Baduy Dalam dan Baduy Luar serbu Pendopo Kabupaten Lebak. Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsCilegon.id - Ribuan warga Baduy Dalam berjalan kaki sejauh 60 kilometer dari Baduy Dalam hingga Pendopo Bupati yang berada di Alun-alun Rangkasbitun, Kabupaten Lebak, Banten, pada Jumat (28/4/2023). Mereka berangkat sejak pukul 04.00 WIB dan tiba di Alun-alun Rangkasbitung pukul 15.00 WIB.

"Alhamdulillah Sebanyak kurang lebih 1.224 masyarakat Suku Baduy Dalam dan Baduy Luar melaksanakan Seba dengan berjalan kaki menuju Pendopo Kabupaten Lebak untuk menyerahkan hasil bumi yang dikelola masyarakat baduy kepada Pemerintah Daerah," demikian dikatakan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Sabtu (29/4/2023).

Iti mengatakan, ini merupakan upacara adat tahunan Suku Baduy yang dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat baduy karena telah mendapatkan hasil panen yang melimpah serta menjalin silaturahmi kepada Pemerintah Kabupaten Lebak.

"Dan sebagai bentuk komitmen Pemkab Lebak dalam menepati janji pada warga Baduy tentang pengakuan dan penguatan legalitas Desa Kanekes sebagai Desa Adat, maka Pemkab Lebak membuat Perbup Nomor 38 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Adat Kanekes," kata Iti.

Iti juga mengucapkan, terimakasih kepada seluruh pihak baik TNI/POLRI, Tim Kesehatan, Tim Kebersihan, Relawan, Panitia Penyelenggara, Sponsor dan semua pihak yang telah turut membantu sehingga acara Seba baduy tahun ini bisa berjalan dengan lancar.

"Mari kita jaga lingkungan kita, jaga silaturahmi kita untuk pembangunan kedepannya, dan jadikan acara ini satu kesempatan untuk mengoreksi diri, dan mengisi pembangunan melalui pemeliharaan warisan budaya yang ditinggalkan leluhur kita," pungkasnya.

Diketahui, Seba Baduy ini akan berlangsung hingga 30 April 2023.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini