get app
inews
Aa Read Next : Harga Beras Tembus Rp15 Ribu per Liter Sejumlah Pedagang di Pandeglang Mengeluh

4 Fakta Unik Kabupaten Pandeglang yang Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Minggu, 30 April 2023 | 12:01 WIB
header img
4 fakta unik Kabupaten Pandeglang. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Kabupaten Pandeglang merupakan satu diantara 4 Kabupaten yang ada di Provinsi Banten, yang berada di ujung Pulau Jawa. Dengan jumlah penduduk cukup padat.

Kabupaten Pandeglang terkenal dengan julukan Kabupaten Sejuta Santri Seribu Ulama ini memiliki pesona menarik untuk diulik. 

Lalu apa saja fakta unik yang dimiliki Kabupaten Pandeglang? Yuk simak ulasannya.

1. Kota Sejuta Santri dan Seribu Ulama

Pandeglang juga dikenal sebagai kota santri karena memiliki banyak pesantren. Julukan "Kota Sejuta Santri dan Seribu Ulama" diberikan kepada Pandeglang karena daerah ini memiliki banyak pondok pesantren serta tokoh ulama yang terkenal.

Salah satu tokoh ulama terkenal dari Pandeglang adalah Kyai Haji Mas Abdurrahman, pendiri Madrasah Matlaul Anwar yang tersebar di seluruh Banten dengan jumlah hampir 2000-an madrasah.

Kyai Haji Mas Abdurrahman juga terkenal berjasa dalam memberantas kebodohan, khususnya di Kabupaten Pandeglang serta menanamkan kebangsaan dengan turut melawan penjajah saat zaman kolonial.

2. Destinasi Wisata yang Beragam

Pandeglang memiliki banyak objek wisata keren mulai dari situs budaya, situs bersejarah, semua spot kekinian, pantai, pulau, hingga air terjun yang sangat memanjakan mata.

Beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Pandeglang antara lain Pantai Tanjung Lesung, Pulau Umang, Pantai Bugel, Pantai Carita, Pulau Oar, Taman Nasional Ujung Kulon, Landmark Pandeglang, Curug Putri, dan masih banyak lagi.

3. The Sunset of Java

Pandeglang juga dikenal dengan julukan "The Sunset of Java" karena terletak di ujung barat Pulau Jawa. Kota ini menawarkan keindahan pantai yang sangat eksotis, yang membuat matahari terbenam di sini begitu indah. 

Jadi, jika kamu ingin menikmati sunset yang spektakuler, Pandeglang bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Kota Badak

Pandeglang terkenal sebagai kota Badak karena di kawasan ini terdapat Taman Nasional Ujung Kulon, yang menjadi tempat perlindungan Badak Jawa.

Badak Jawa atau Badak Bercula Satu merupakan salah satu dari lima spesies badak yang masih ada di dunia ini. Sayangnya, populasinya sangat sedikit dan terancam punah.

Pemerintah Hindia Belanda telah menyatakan badak Jawa merupakan spesies yang dilindungi sejak tahun 1931. Di Taman Nasional Ujung Kulon, kamu bisa melihat langsung keindahan Badak Jawa yang masih hidup di alam bebas.

Itulah 4 fakta unik dan menarik yang dimiliki Kabupaten Pandeglang, semoga bermanfaat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut