Logo Network
Network

Ngembang, Tradisi Unik Warga Sajira Lebak usai Lebaran

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Selasa, 16 Mei 2023 | 08:50 WIB
Ngembang, Tradisi Unik Warga Sajira Lebak usai Lebaran
Ratusan warga Sajira Lebak ikuti tradisi Ngembang. Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsCilegon.id - Ratusan Warga Desa Paja, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak menggelar tradisi unik usai hari raya idul fitri, yakni tradisi Ngembang, Senin (15/5/2023). Tujuannya untuk melestarikan budaya yang telah diwariskan para leluhur.

Ngembang adalah sebuah tradisi yang setiap tahun diselenggarakan warga Paja. Dimana setiap tahunnya, selepas hari raya Idul Fitri warga akan melakukan ziarah akbar ke salah satu makam keramat yang berada di Desa Paja, yakni Makam Syeh Abdul Mumin.

"Alhamdulillah acara Ngembang tahun ini berjalan lancar, warga juga sangat antusias," ujar Tokoh Muda Desa Paja, Achmad Deni Setiawan.

Deni menuturkan, acara ngembang merupakan warisan leluhur yang harus terus dijaga. Tujuannya sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur.

"Syech Abdul Mumin ini sosok penyebar agama islam di Paja. Jadi Ngembang ini bentuk penghormatan warga," kata Deni.

"Semoga kegiatan ngembang ke depan agar terus di pertahankan. Karena itu salah satu bentuk penghormatan kepada para pejuang islam penghormatan kepada leluhur. Dan budaya ngembang juga dapat mempersatukan seluruh elemen masyrakat," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini