get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Ngembang, Tradisi Unik Warga Sajira Lebak usai Lebaran

Selasa, 16 Mei 2023 | 08:50 WIB
header img
Ratusan warga Sajira Lebak ikuti tradisi Ngembang. Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsCilegon.id - Ratusan Warga Desa Paja, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak menggelar tradisi unik usai hari raya idul fitri, yakni tradisi Ngembang, Senin (15/5/2023). Tujuannya untuk melestarikan budaya yang telah diwariskan para leluhur.

Ngembang adalah sebuah tradisi yang setiap tahun diselenggarakan warga Paja. Dimana setiap tahunnya, selepas hari raya Idul Fitri warga akan melakukan ziarah akbar ke salah satu makam keramat yang berada di Desa Paja, yakni Makam Syeh Abdul Mumin.

"Alhamdulillah acara Ngembang tahun ini berjalan lancar, warga juga sangat antusias," ujar Tokoh Muda Desa Paja, Achmad Deni Setiawan.

Deni menuturkan, acara ngembang merupakan warisan leluhur yang harus terus dijaga. Tujuannya sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur.

"Syech Abdul Mumin ini sosok penyebar agama islam di Paja. Jadi Ngembang ini bentuk penghormatan warga," kata Deni.

"Semoga kegiatan ngembang ke depan agar terus di pertahankan. Karena itu salah satu bentuk penghormatan kepada para pejuang islam penghormatan kepada leluhur. Dan budaya ngembang juga dapat mempersatukan seluruh elemen masyrakat," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut