get app
inews
Aa Read Next : 3 Manfaat Ikan Salmon Sashimi untuk Kesehatan

6 Cara Merawat Motor Listrik agar Tidak Mudah Rusak

Kamis, 18 Mei 2023 | 05:20 WIB
header img
6 cara merawat motor listrik. Foto : Ilustrasi

CILEGON, INewsCilegon.id -Sepeda motor listrik sudah banyak berseliweran di jalanan. Masyarakat mulai beralih menggunakan kendaraan listrik tersebut.

Jadi moda transportasi yang baru, masyarakat belum terbiasa merawat motor listrik.

Namun banyak yang juga belum memahami cara merawat agar tetap lincah dan sehat saat di gunakan. Simak berikut cara cara merawat motor listrik. 

6 Cara Merawat Motor Listrik

1. Lepas Baterai Motor Jika Tidak Digunakan

Ketika sudah tidak menggunakan motor listrik dalam jangka panjang, lepas baterai merupakan salah satu cara perawatan. Meskipun dalam keadaan motor mati, jika baterai tidak dilepas maka listrik motor akan tetap digunakan untuk alarm. 

Sebelum melepas baterai. Lakukan pengisian daya baterai terlebih dahulu hingga penuh. Agar motor siap kembali saat ingin digunakan. 

2. Rutin Pengecekan dan Mengganti Ven Belt

Van Belt berfungsi dalam menyalurkan daya laju motor melalui mesin agar bisa berjalan. Ven belt pada motor listrik sebaiknya diganti saat sudah 3000-3500 Km. Karena jika melewati batas tersebut ven belt bisa saja putus dijalan saat di gunakan. 

3. Tidak Melewati Jalan Yang Banjir

Motor listrik memang sudah dirancang untuk melewati genangan air. Namun tidak disarankan untuk tetap menerobos jalan yang sudah menggenang terlalu dalam. Agar mesin pembakaran yang berada di dalam motor tersebut tetap aman dalan jangka waktu yang lama. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut