get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Viral di Medsos Begini Penampakan Pantai Teluk saat Ini, Camat Labuan: 30 Persen Sampah Berkurang

Senin, 22 Mei 2023 | 17:25 WIB
header img
Penampakan Pantai Teluk usai Viral (Foto: Instagram)

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Sempat heboh dijagat maya, begini penampakan tumpukan sampah di Pantai Teluk, Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, usai aksi bersih-bersih sampah yang digagas komunitas Pandawa. Camat Labuan sebut sampah berkurang sekitar 30 persen. 

Camat Labuan Ace Zarnuji mengatakan, dalam aksi bersih sampah ini turut serta melibatkan seluruh stake holder. Mulai dari anak sekolah, masyarakat umum, Muspika Labuan, Kapolres, Bupati Pandeglang hingga perwakilan dari Gubernur Banten.

"Alhamdulillah, aksi bersih sampah yang digelar dihari ini bersama seluruh stake holder mulai dari anak-anak sekolah, warga hingga Bupati juga turut serta dan berhasil mengurangi sampah di pantai teluk ini sekitar 30%," ujar Camat Labuan, Ace Jarnuzi kepada tim iNewsCilegon.id. Senin (22/5/2023).

Ace menuturkan, sebaran tumpukan sampah di Desa Teluk sangat tidak memungkinan jika dibersihkan secara keseluruhan dalam waktu singkat. Menurutnya, hal itu membutuhkan kerjasama dengan seluruh pihak terkait. Selain itu, khawatir terjadi abrasi yang lebih parah jika tumpukan sampah tersebut dibersihkan. 

"Sebetulnya, tumpukan sampah ini cukup membantu menahan abrasi, jika dibersihkan khawatir akan terjadi abrasi yang lebih parah. Tumpukan sampah di sepanjang pantai teluk ini kan sangat banyak, sehingga tidak memungkinkan jika harus dibersihkan dalam waktu sehari atau dua hari dengan alat seadanya, kami perlu duduk bareng dan membahas ini dengan serius bersama dinas terkait di Pemda dan Pemprov," kata Ace.

Lanjut Ace, bahwa sampah yang berhasil dikumpulkan kemungkinan dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang berada di Kecamatan Bojong, Pandeglang.

"Banyak sekali sampah yang berhasil dikumpulkan hari ini, itupun masih ada yang belum terangkut dilokasi, nanti akan dilanjut esok hari, sampah-sampah tersebut kemungkinan dibuang di TPA sampah yang berada di Bojong," tambahnya.

Ace menghimbau kepada seluruh warga, agar tidak membuang sampah kembali ke laut. Karena selain menganggu keindahan juga membahayakan mesin perahu. Ace meminta, sebelum membuang sampah sebaiknya warga memilah terlebih dahulu sampah organik dan non organik.

"Saya selaku camat Labuan meminta kepada seluruh warga agar tidak membuang sampah lagi ke laut selain mengganggu kenyaman juga kasian para pemilik perahu yang memakai mesin, kalau sampahnya nyangkut kan mesinnya jadi terganggu, dan jika membuang sampah sebaiknya dipilah dari rumah karena sampah sekarang bisa menghasilkan lho kalau mau memilah mana yang organik dan non organik," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut