get app
inews
Aa Read Next : 3 Manfaat Ikan Salmon Sashimi untuk Kesehatan

6 Tempat Destinasi Wisata di Labuan Bajo, Dijuluki Surga Dunia Asal Indonesia

Sabtu, 03 Juni 2023 | 10:01 WIB
header img
Pink Beach atau Pantai Pink ini terletak di Pulau Komodo tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Foto: Ilustrasi Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki kawasan laut yang luas. Bukan hanya luas, tapi juga indah sehingga kerap dijadikan objek wisata. Banyak pula wisatawan asing datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan laut. Salah satunya adalah Labuan Bajo.

Labuan Bajo dikenal sebagai surga dunia asal Indonesia. Sebetulnya, Labuan Bajo adalah sebuah desa di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan oleh Selat Sape. 

Ya, Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo adalah satu entitas yang tidak dapat terpisahkan. 

Dilansir dari laman resmi Wonderful Indonesia, Jumat (3/6/2023), Taman Nasional Komodo terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991 ini terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan beberapa pulau lain di sekitarnya. 

Lanskap pantai dan laut yang menawan di NTT banyak membuat orang takjub. Terumbu karang bawah airnya pun tak kalah memesona. Selain itu, perbukitan di kawasan wisata Pulau Komodo ini pun sempurna untuk spot foto. 

Lantas, destinasi wisata apa saja yang ada di labuan Bajo? Seperti apa keindahannya yang membuat wisatawan lokal maupun mancanegara takjub? Bagi kamu yang belum pernah ke Labuan Bajo. Berikut iNewsCilegon rangkum dari berbagai sumber, ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Labuan Bajo yang wajib kamu kunjungi, simak dibawah ini yaa! 

1. Pulau Komodo

Tidak akan lengkap rasanya berkunjung ke Labuan Bajo jika belum ke Pulau Komodo. Di sinilah hewan berupa kadal purba hidup dan berkeliaran. Diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO dan salah satu dari tujuh keajaiban dunia alam dari New 7 Wonders of Nature, Pulau Komodo adalah spot wajib di Labuan Bajo.

Eksotisme hewan endemik komodo semakin diperkaya dengan bentang alam yang begitu mempesona. Keindahan alam di pulau ini terhampar dari rimbunnya pepohonan, perbukitan hijau, dan pesona pantai. Bakal bikin lupa pulang, deh!

2. Pulau Rinca 

Selain Pulau Komodo, Pulau Rinca merupakan satu dari tiga pulau terbesar di Taman Nasional Komodo. Pulau ini juga menjadi habitat lain dari komodo selain destinasi Pulau Komodo itu sendiri. 

Uniknya, kedua pulau ini punya geografis berbeda. Pulau Komodo terdiri atas hutan rimbun. Adapun Pulau Rinca justru memiliki sabana yang juga banyak dijadikan latar foto oleh wisatawan.

Kamu juga akan melihat padang rumput dan pepohonan palem di pulau ini. Tak hanya itu, terdapat lebih dari 1.500 komodo yang masih menghuni pulau Rinca. Pulau lain yang juga memiliki komodo di antaranya Pulau Padar, Pulau Gili Montang, dan Pulau Nusa Kode.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut