get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Karantina Pertanian Cilegon Musnahkan Sampel Uji Laboratorium

Senin, 10 Januari 2022 | 12:08 WIB
header img
Karantina Pertanian Cilegon Musnahkan Sampel Uji Laboratorium, Minggu (9/1/2022).

CILEGON, iNEWS - Karantina pertanian Kota Cilegon memusnahkan sampel arsip dan sisa sampel uji laboratorium di Instalasi Karantina Hewan (IKH), Minggu (9/1/2022).

Kepala Karantina Kota Cilegon, Arum Kusnila Dewi, mengatakan sampel arsip dan sisa uji laboratorium yang dimusnakan adalah biji gandum, bungkil kedelai, jagung, benih jagung, corn starch, maltodektrine, corn strach, sirup fruktosa, plate elisa, sentrifuge tube, dan SAP ekstraksi.

“Sampel yang dimusnahkan sampel yang kami ambil dari tindakan karantina baik ekspor, impor maupun antar-area.  Arsip sampel dan sisa sampel uji dilakukan pemusnahan sampel satu bulan saat pertama kali diterima di laboratorium,” jelas Arum Kusnila Dewi.

Pemusnahan dilakukan, tambah Arum, bertujuan untuk mencegah kontaminasi Organisme Penggangu Tumbuhan/ Karantina (OPT/K) ke lingkungan sekitar ataupun ke sampel uji yang baru.

Cara pemusnahannya, kata Arum lagi, adalah dengan cara dibakar menggunakan mesin incenerator dengan suhu lebih dari 1.000 derajat Celcius. Pemusnahan juga merupakan kegiatan rutin laboratorium sesuai dengan pedoman Sistem Manajemen Terintegrasi (SMI) di Karantina Pertanian Cilegon dan sebagai implementasi ISO/IEC 17025:2017.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut