get app
inews
Aa Read Next : TRILOGY ARCHERY Gelar Event Panahan LATSCOBER di Kota Cilegon

Terapi Air Minum untuk Menurunkan Berat Badan

Selasa, 13 Juni 2023 | 17:03 WIB
header img
Ilustrasi meminum air putih. Foto: Ilustrasi Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat bermanfaat bagi kesehatan. Inilah mengapa masyarakat Jepang percaya bahwa terapi air putih bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Bahkan, terapi air putih diklaim bisa membantu menyembuhkan penyakit mematikan, salah satunya kanker.

Terapi air putih adalah cara langsing ala Jepang. Sederhananya, ini adalah program penurunan berat badan yang dilakukan dengan minum air putih. Ada sejumlah penelitian menunjukkan air dapat membantu mempercepat metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Terapi Air Bisa Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Melansir Mayo Clinic, tubuh memerlukan jumlah air putih yang cukup dan untuk pria sendiri perlu 3,7 liter air sedangkan untuk wanita perlu sebanyak 2,7 liter per hari.

Ada banyak sekali jenis terapi air yang berguna untuk meningkatkan kesehatan. Tapi, apakah kamu pernah mendengar tentang terapi air dari Jepang? Jenis terapi dari Jepang ini tidak mengharuskan Anda untuk berendam di air dingin atau panas. 

Namun jika Anda ingin mencobanya, kamu hanya harus minum air putih dengan jumlah tertentu di waktu tertentu juga. Seperti saat kamu bangun dalam keadaan perut masih kosong. Tujuannya adalah membersihkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus

Jika sistem pencernaan dan kesehatan usus terjaga, para pengikut terapi air putih ala Jepang percaya, banyak penyakit yang bisa diobati.

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah cara melakukan terapi air putih:

  • Minumlah air putih bersuhu normal atau hangat, sebanyak 4-5 kali dalam gelas berukuran 160 mililiter (ml), di saat perut masih kosong.
  • Jangan dulu menggosok gigi sebelum minum air putih.
  • Setelah mengonsumsi air putih, tunggulah sekitar 45 menit sampai akhirnya boleh sarapan pagi.
  • Setiap makan, batasi durasinya selama 15 menit saja. Kemudian tunggu 2 jam sebelum melahap atau meminum apapun.

Manfaat Terapi Air Putih Bagi Tubuh

Meski belum ada bukti yang jelas bahwa pengobatan ini dapat mengobati banyak penyakit, minum air putih secara teratur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Terapi air di Jepang memberikan manfaat lainnya untuk kondisi tertentu, antara lain:

1. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Jika sebelumnya kamu tidak minum air secara teratur, kamu mungkin dapat minum air lebih teratur setelah perawatan ini.

Konsumsi air putih secara teratur dapat meningkatkan fungsi otak, menjaga tubuh tetap terhidrasi, menjaga stamina tubuh, dan mengontrol tekanan darah.

Selain itu, minum air putih juga dapat mencegah sembelit, sakit kepala, dan batu ginjal.

2. Menurunkan Berat Badan

Menjalani terapi air putih ala Jepang dapat membantu kamu menurunkan berat badan dengan mencegah kelebihan kalori.

Jika kamu mengganti minuman seperti jus buah atau soda dengan air putih, otomatis jumlah kalori yang masuk ke tubuh akan berkurang.

Selain itu, bentuk terapi ini memerlukan istirahat sekitar 2 jam di antara waktu makan, yang pada gilirannya dapat mengurangi jumlah kalori dalam tubuh.

Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk menjelaskan hubungan antara minum air secara teratur dengan penurunan berat badan.

Nah, itulah manfaat terapi air putih di Jepang. Namun, sebelum kamu mencoba terapi air putih khas Jepang untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti kanker, diabetes tipe 2, hingga sembelit, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. 

Perlu diingat juga, jangan jadikan terapi air putih sebagai pengganti obat-obatan yang diberikan tenaga ahli medis profesional. Sebab, belum ada penelitian yang bisa membuktikan efektivitas jenis terapi kesehatan ini.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut