get app
inews
Aa Read Next : Miris, Orang Tua Jual Bayi Demi iPhone 14

5 Manfaat Melatih Anak Berfikir Kritis sejak Dini

Rabu, 14 Juni 2023 | 13:50 WIB
header img
Berpikir kritis memang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id – Berpikir kritis memang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menjadi panutan langsung bagi anak-anak dalam kegiatan sehari-hari.

Sudah menjadi tugas orang tua untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Selain itu, orang tua juga harus mengajarkan hal-hal positif untuk membentuk karakter anaknya, termasuk berpikir kritis.

Apa sebenarnya berpikir kritis itu? Ini adalah kemampuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengevaluasi semua informasi yang diterima untuk mencari kesatuan dan keasliannya.

Jadi mengapa penting untuk mengajar anak-anak sejak usia dini?

Karena berpikir kritis membantu anak membentuk pemikiran dan opini. Selain itu, cara berpikir seperti ini membantu anak untuk mengenali apakah seseorang itu baik atau tidak.

Pola pikir kritis dapat membantu mengurangi risiko kesalahan informasi. Selain itu, anak-anak dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan. Beberapa manfaat mengajarkan pemikiran kritis kepada anak Anda yaitu:

1. Membantu Anak Melihat Dunia dengan Cara yang Lebih Masuk Akal

Berpikir kritis juga membantu anak melihat dunia dengan lebih rasional. Hal ini karena mereka dilatih untuk mengolah dan memahami semua informasi yang mereka terima agar dapat memberikan opini yang tepat. Lebih penting lagi, pola berpikir kritis membuat anak mengevaluasi baik dan buruk dalam hidup juga.

2. Meningkatkan Kemampuan Mengambil Keputusan

Berpikir kritis merupakan konsep yang banyak digunakan dalam berbagai bidang, baik itu pendidikan, politik, penelitian dan teknologi. Hal ini berarti bahwa keterampilan berpikir kritis akan menjadi bagian penting dari kesuksesan di masa depan. Anak-anak menjadi pemimpin masa depan, dokter dan insinyur.

Namun, tanpa pemikiran kritis, mereka tidak dapat membuat keputusan yang berguna bagi masyarakat atau menyelesaikan masalah sehari-hari.

Misalnya, dokter dan peneliti tidak dapat menemukan terapi untuk penyakit umum, ilmuwan tidak akan bisa menyelesaikan masalah pemanasan global, dan lainnya.

3. Kurangi Gangguan sambil Meningkatkan Fokus Anak

Keterampilan berpikir kritis membantu anak fokus pada tujuan dengan mengurangi gangguan yang sering terjadi.

Selain itu, keterampilan ini juga membantu meningkatkan kesehatan mental anak dan memberi mereka arah yang benar untuk mencapai tujuan mereka.

Ini termasuk elemen yang sangat penting bagi anak untuk mengenal konsep disiplin dan manajemen waktu. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari juga bisa berjalan lebih teratur.

4. Mempermudah Mencari Solusi Saat Menghadapi Masalah

Keterampilan berpikir kritis mempersiapkan anak untuk berbagai tantangan masa depan yang mengkhawatirkan seperti pemanasan global, kelangkaan air, polusi, dll.

Seiring waktu, masalah ini terus meningkat. Berkat kreativitas dan pemecahan masalah, generasi anak-anak masa kini mampu mengembangkan solusi yang inovatif dan berorientasi pada hasil.

5. Meningkatkan Peluang Keberhasilan Akademik

Pemikir kritis adalah pelajar yang aktif. Keingin tahuan, penalaran, dan kebiasaan memecahkan masalah mendorong anak-anak untuk mempelajari konsep-konsep baru secara menyeluruh, yang tercermin dalam keberhasilan pendidikan dan profesional mereka.

Anak dengan kemampuan berpikir kritis cenderung menunjukkan pemahaman bahasa dan memecahkan masalah yang kompleks dengan mudah. Selain itu, mereka memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan teman sekelasnya. 

Nah, sang ibu juga tidak lupa untuk memeriksakan kesehatan buah hati. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter anak jika anak Anda mengalami gejala yang tidak biasa. 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut