get app
inews
Aa Read Next : Fantastis! Miliki 800.000 Masjid, Indonesia Tempati Urutan Pertama Masjid Terbanyak di Dunia

Tak Hanya Liburan ke Pantai atau Gunung, Ternyata Ada 6 Tempat Wisata Bersejarah di Indonesia

Jum'at, 30 Juni 2023 | 13:30 WIB
header img
Masjid Raya Baiturrahman terletak di Aceh yang bertahan dengan kokoh meski diterjang tsunami tahun 2004 silam. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Liburan bersama orang tersayang memang menyenangkan, apalagi jika Anda berhasil mewujudkannya. Selain jalan-jalan ke pantai atau gunung, ide liburan ke berbagai tempat bersejarah di Indonesia juga menarik! 

Kekayaan budaya Indonesia yang telah lama ada meninggalkan banyak tempat bersejarah dengan keindahan arsitektur yang luar biasa. Lantas, apa saja tempat wisata bersejarah di Indonesia? Simak berikut ini ya. 

1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid Raya Baiturrahman terletak di Aceh. Bangunan ini merupakan kebanggaan masyarakat Aceh yang bertahan dengan kokoh meski diterjang tsunami tahun 2004 silam.

Bangunan bersejarah di Indonesia sudah dibangun sejak zaman Kesultanan Aceh. Hancur oleh invasi Belanda, Masjid Baiturrahman dibangun kembali antara tahun 1879 dan 1881.

Masjid Baiturrahman berdiri megah saat ini dan arsitekturnya megah. Tempat wisata sejarah di Indonesia ini juga menjadi saksi beberapa peristiwa bersejarah di tanah air.

2. Istana Maimun, Sumatra Utara

Kemasyuran Istana Maimun di Medan Sumatra Utara bisa jadi salah satu lokasi tempat bersejarah yang masuk ke dalam opsi liburan kamu.

Bangunan ini adalah peninggalan Kesultanan Deli yang masih terawat hingga sekarang, dan dibangun oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1888.

Sedikitnya ada 30 ruangan di dalam istana ini. Uniknya, arsitektur yang ada tidak hanya bergaya Melayu, tapi juga Timur Tengah dan Eropa. Hal ini hasil dari bantuan arsitek asal Italia yang membantu proses pembangunannya.

Tempat ini termasuk ke dalam salah satu tempat ikonik, kamu bisa menemukan banyak spot yang ciamik untuk kamu jadikan sebagai tempat mengabadikan momen.

3. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba adalah destinasi wisata sejarah di Indonesia lainnya. Sebagai danau terbesar di Asia Tenggara, Danau Toba akan memberikan petualanganmu sebuah momen untuk menenangkan diri.

Berada di Provinsi Sumatra Utara, Danau Toba memiliki sebuah pulau di tengah danau tersebut yakni Pulau Samosir. Pulau tersebut kerap menjadi tujuan wisata untuk mempelajari sejarah.

Danau Toba sendiri berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Hal tersebut menjadikan suasana yang ada di sekitar danaunya terasa begitu sejuk dan cocok untuk bersantai sekaligus petualangan santai.

4. Kota Tua, Jakarta

Berkunjung ke Kota Tua bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata sejarah di Indonesia yang bisa kamu pilih. Di kawasan ini kamu bisa menikmati suasana Eropa yang kental dengan bangunan-bangunan yang ada.

Tak heran, karena sebagian dibangun pada masa kolonial sebagai pusat kota tua Batavia. Saat berada di kota tua, kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

Jika kamu senang berfoto-foto, banyak spot yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi background. Ada juga beberapa museum yang bisa kamu kunjungi untuk menambah pengetahuan tentang Jakarta zaman dulu.

5. Candi Prambanan, Yogyakarta

Mendengar nama Candi Prambanan, kamu mungkin langsung teringat dengan kisah Roro Jonggrang. Legenda ini berkisah tentang seorang putri cantik yang dikutuk menjadi candi oleh seseorang yang mencintainya, Bandung Bondowoso.

Bangunan candi ini juga memiliki relief cerita Ramayana dan Krishnayana. Maka jangan heran karena pada waktu-waktu tertentu kamu, bahkan bisa menikmati sendratari Ramayana yang terkenal itu dengan latar belakang bangunan candi yang megah. 

6. Candi Borobudur, Magelang

Sebelumnya Candi Prambanan, saatnya Candi Borobudur tentu sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata yang satu ini. Pasalnya, tempat wisata sejarah di Indonesia ini dipromosikan sebagai candi Budha terbesar di dunia dan wajib dikunjungi.

Kamu bisa singgah di salah satu mahakarya masyarakat kuno, Candi Borobudur. Keagungannya menarik perhatian dunia sebagai candi besar dengan relief yang menceritakan sejarah panjang. 

Terletak di Magelang, sebuah kota kecil yang hanya berjarak 2 jam perjalanan dari Yogyakarta. Hingga saat ini, candi bersejarah ini masih digunakan sebagai tempat kegiatan keagamaan, khususnya saat Hari Raya Waisak.

Nah, itulah beberapa tempat wisata bersejarah mulai dari masjid hingga candi. Tempat wisata bersejarah diatas memiliki daya tarik dan nilai. Dengan nilai-nilai warisan budaya yang sangat kental dengan perkembangan peradaban umat manusia, kamu tidak hanya bisa menikmati keindahannya, tetapi juga mempelajari sejarah peradaban di masing-masing tempat tersebut

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut