get app
inews
Aa Read Next : RSUD Cilegon Gelar Sosialisasi Standar Pelayanan Kesehatan

Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Ekstrak Kulit Manggis untuk Cegah Kanker hingga Diabetes

Selasa, 04 Juli 2023 | 10:12 WIB
header img
Buah manggis bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit. Apalagi, ekstra kulit manggis dapat mencegah kanker hingga diabetes. Foto: Istimewa

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan xanthone pada kulit manggis dipercaya dapat menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, seperti kanker payudara, tumor otak, kanker usus besar, hati, paru, hingga leukemia.

Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa efek antikanker pada kulit manggis dapat menghambat perkembangan kanker usus besar. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas kulit manggis untuk mengatasi kanker.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kulit manggis mengandung vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan kekebalan, membantu melawan infeksi, serta menjaga fungsi tubuh.

Vitamin dan mineral ini juga berperan dalam produksi DNA, kontraksi otot, membantu proses penyembuhan luka, serta menjaga kesehatan saraf.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kulit manggis, antara lain Vitamin C, folat, Vitamin B1, Vitamin B2, mangan, tembaga, dan magnesium. Selain itu, kulit manggis juga mengandung protein yang bersifat antibodi.

Protein ini membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus yang menyebabkan penyakit, seperti pneumonia, flu berat, dan flu biasa.

5. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Xanthone dalam kulit manggis juga dapat membantu menurunkan gula darah dan membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Senyawa ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes, memungkinkan pengelolaan gula darah yang lebih baik. Oleh karena itu, seseorang yang berisiko terkena diabetes disarankan untuk mengkonsumsi kulit manggis untuk mengurangi resistensi insulin.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut