get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Pemkot Cilegon Raih GDPK Award 2023 dari BKKBN

Selasa, 04 Juli 2023 | 20:42 WIB
header img
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo saat memberikan piagam penghargaan pada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. Foto: Diskominfo Kota Cilegon

PALEMBANG, iNewCilegon.id - Pemkot Cilegon mendapatkan piagam penghargaan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Award Tahun 2023.

Apresiasi tersebut diberikan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), di Hotel Wyndam Opi Mall Palembang, Sumatera Selatan, 4 Juli 2023.

Dari 514 kabupaten kota se-Indonesia, Kota Cilegon menempati urutan ketiga. Sementara peringkat kedua diduduki Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, dan peringkat pertama Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengapresiasi pemerintah daerah yang sudah bekerja keras mengendalikan jumlah penduduk, termasuk di antaranya dengan menyusun GPDK.

Menurutnya, saat ini Indonesia tengah memasuki tonggak sejarah baru bidang kependudukan, dimana jumlah rata-rata wanita melahirkan mencapai 2,14. 

"Ini paling tinggi dari survei sebelumnya. Kita harus punya mindsite baru agar tidak terjebak dalam fokus orientasi kuntitas, tapi bagaimana meningkatkan kualitas," kata Hasto.

Meski demikian, kata dia, masih ada kesenjangan antar-provinsi dalam hal jumlah wanita melahirkan. Dia mencontohkan, di Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Bali rata-rata wanita melahirkan sudah di bawah 2,1. 

Sedangkan di daerah lain seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku Utara, Sulawesi Barat, Papua, masih di atas angka tersebut.

"Sehingga kita harus membuat kebijakan, kalau bisa 2,1 ini tidak turun dan tidak naik sehingga seimbang," ungkapnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut