get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Miris! Viral Aksi Vandalisme di Goa Hira Mekkah, Ada Tulisan Depok hingga Rojali

Senin, 24 Juli 2023 | 11:59 WIB
header img
Viral aksi vandalisme di Goa Hiro, ada tulisan Depok hingga Rojali. Foto: Layar Tangkap/YouTube Jeda Nulis

Mekkah, iNewsCilegon.id - Beberapa hari lalu, warganet dihebohkan dengan adanya sebuah video yang beredar di jagat maya. Dalam potongan video, terlihat sebuah tulisan Depok dan Rojali di Goa Hira. Corat Coret di Gua Hira Mekkah itupun mendadak viral.

Goa Hira adalah merupakan tempat di mana wahyu pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Ribuan jamaah, termasuk dari Indonesia, datang ke Mekkah dengan harapan bisa mendaki gunung dan melihat secara langsung tempat di mana turunnya surat Al Alaq ayat 1-5 ini.

Namun, keinginan mulia ini tidak diimbangi dengan kesadaran untuk menjaga lingkungan di gunung yang berada di Hejaz, Arab Saudi ini. Diantaranya, dalam rekaman video tampak sampah bekas air mineral yang berserakan di lereng gunung yang memiliki ketinggian 640 meter itu dengan jumlah sangat banyak.

Tak hanya itu, yang membuat viral adalah aksi vandalisme yang diduga dilakukan oleh beberapa individu yang tidak bertanggung jawab. 

Mereka mencoret-coret batu-batu yang berada di area Jabal Nur dengan spidol bahkan alat semprot, merusak permukaan batu yang telah berusia ribuan tahun itu dengan tulisan yang menandakan egoisme. Hal itu terungkap di kanal YouTube Jeda Nulis milik Habib Jafar.

"Hampir sepanjang perjalanan menuju gua hira dan bahkan di dalam gua ini, kita bisa melihat aksi yang buruk ini, bahkan sebagian pelakunya adalah orang Indonesia," keterangan Habib Husein Ja'far saat menaiki Jabal Nur, yang dikutip iNewsCilegon.id dari kanal YouTube Jeda Nulis. Dikutip iNewsCilegon.id, Senin (24/7/2023).

Unggahan inipun menuai beragam komentar warganet.

"Mana nih Rajali Depok bikin malu aja," kata warganet.

"Tp klo dipikir2 sih biasa aja,,kecuali coretannya Boedoet, kapal, Bizher...baru kaget," tulis warganet.

"Depok kota viral," ujar warganet lainnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut