get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

Cilegon Kota Sehat, Wali Kota Helldy Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa 2023 dari Kemenkes RI

Rabu, 29 November 2023 | 16:51 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat dianugerahi penghargaan Swasti Saba Padapa 2023 dari Menteri Kesehatan RI. Foto: Diskominfo Kota Cilegon

JAKARTA, iNewsCilegon.id – Sukses menggulirkan Program Kota Sehat, Kota Cilegon mencatatkan prestasi gemilang di tingkat nasional. Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meraih penghargaan Swasti Saba Padapa 2023 dari Kementrian Kesehatan.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa Malam (28/11/2023).

Wali Kota Helldy menerima penghargaan tersebut langsung dari Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Prestasi luar biasa ini merupakan hasil dari kerja keras Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon yang berhasil menciptakan dan mempertahankan kesehatan masyarakat Kota Cilegon. 

Dalam ungkapannya, Wali Kota Helldy menyampaikan rasa syukur, bangga dan terima kasih kepada Pemerintah Kota Cilegon, khususnya Dinkes Kota Cilegon, yang telah menjadikan Kota Cilegon sebagai penerima penghargaan Swasti Saba Padapa sebagai Kota Sehat 2023.

"Ini adalah pengakuan dari Pemerintah Pusat untuk Kota Cilegon atas jerih payah Pemerintahan Kota Cilegon yang telah memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kota Cilegon. Mendapatkan pengakuan ini bukanlah hal yang mudah," ujar Helldy saat ditemui usai terima penghargaan di Hotel Kempinski, Jakarta (28/11)

Penghargaan ini juga disematkan untuk masyarakat Kota Cilegon yang turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan sehat, terutama dengan kesadaran untuk tidak lagi Buang Air Besar (BAB) sembarangan. 

Wali Kota Helldy berharap bahwa prestasi ini akan menjadi motivasi dan semangat baru bagi Kota Cilegon untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan demi kesejahteraan warganya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Cilegon, Ratih Purnamasari, yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa syarat untuk meraih Swasti Saba Padapa ini adalah mencapai Open Defecation Free (ODF) atau terbebas sepenuhnya dari Buang Air Besar Sembarangan sebesar 100 persen, suatu pencapaian yang berhasil diraih oleh Kota Cilegon.

"Kita syukuri, Kota Cilegon kembali meraih penghargaan Swasti Saba dari Kemenkes Republik Indonesia. Dan, kita akan terus berjuang untuk meraih prestasi lainnya," kata Ratih.

Malam Penganugerahan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (Swasti Saba) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Tahun 2023 memiliki 3 tingkatan penilaian. Yakni, Swasti Saba untuk penilaian Kota/Kabupaten Sehat, berupa Saba Padapa (Pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) dan yang tertinggi Swasti Saba Wistara (Pengembangan). 

Prestasi ini menegaskan komitmen Kota Cilegon dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakatnya melalui upaya kesehatan yang optimal.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut