get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Tak Boleh Berlebihan, Inilah 7 Makanan yang Bisa Menyebabkan Jerawat Punggung

Sabtu, 29 Juli 2023 | 08:43 WIB
header img
Soda, permen, kue manis, es krim dapat memicu peradangan pada tubuh yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat punggung. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Umumnya jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon, namun makanan tertentu juga bisa memicu timbulnya jerawat. Jenis makanan tersebut dapat meningkatkan gula darah, kemudian memicu peningkatan hormon insulin.

Saat kadar insulin dalam tubuh meningkat, maka produksi minyak di kulit juga akan meningkat, yang dapat dengan mudah menimbulkan jerawat. Kemunculan tersebut biasanya ditandai dengan gatal-gatal pada area punggung, permukaan kulit bagian punggung mulai kasar, muncul bintik-bintik atau beruntusan.

Tak hanya disebabkan oleh debu dan kotoran atau penggunaan kosmetik, jerawat juga bisa muncul karena makanan. Ternyata, Konsumsi makanan yang dapat menyebabkan jerawat ini sebenarnya bukan berarti tidak dibolehkan sama sekali. Melainkan hanya perlu dibatasi agar tidak meningkatkan risiko munculnya jerawat punggung.

Lantas, makanan apa saja yang bisa menyebabkan jerawat punggung? Berikut penjelasannya disimak ya.

1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Serupa dengan asupan gula yang tinggi, terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat juga berisiko menimbulkan jerawat karena akan mendorong tubuh memproduksi lebih banyak hormon insulin. Beberapa makanan tinggi karbohidrat antara lain kentang goreng, keripik, roti, mi, dan pasta.

2. Makanan Tinggi Gula

Mengonsumsi makanan tinggi gula dapat memicu peradangan pada tubuh yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat punggung. Biasanya, makanan tinggi gula terdapat dalam sumber karbohidrat sehari-hari, seperti soda, permen, sereal, es krim, dan nasi putih. Jika Anda makan terlalu banyak dari makanan ini, gula darah Anda akan naik dan berdampak buruk pada kulit Anda.

3. Minuman Bersoda

Jika kamu sedang berjerawat, sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda. Tak hanya kandungan gulanya yang tinggi akan membuat gula darah kamu meningkat drastis, minuman bersoda ternyata juga mengandung senyawa aspartam yang menyebabkan penurunan kadar pH dan memicu terjadinya peradangan pada kulit. Sebagai gantinya, kamu bisa memperbanyak asupan air mineral.

4. Tepung

Makanan yang mengandung banyak tepung berlebih juga tidak dianjurkan untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Memang, terlalu banyak mengonsumsi tepung akan meningkatkan produksi insulin dan sebum dalam tubuh. Hal ini dapat memicu perkembangan jerawat punggung.

5. Susu

Susu, keju, dan makanan olahan lainnya yang terbuat dari susu sapi seperti es krim, meski tinggi kalsium, ternyata bisa menimbulkan jerawat jika dimakan berlebihan. Asam amino dalam produk susu juga diduga membuat kelenjar sebaceous lebih aktif dan menyebabkan jerawat.

6. Makanan Berminyak

Makanan beminyak umumnya mengandung lemak dan garam yang tinggi, misalnya gorengan dan makanan cepat saji. Kandungan lemak tersebut dapat berpengaruh pada munculnya jerawat. Selain itu, banyak anggapan bahwa makanan pedas juga bisa menyebabkan jerawat.

7.  Kafein

Jika Anda ingin menghilangkan jerawat di wajah atau punggung, terlalu banyak mengonsumsi kafein hanya akan memperburuk kondisi Anda. Kafein dapat meningkatkan hormon stres dan juga dapat meningkatkan produksi minyak dalam tubuh. Efek ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Contoh produk yang mengandung kafein antara lain soda, kopi, dan teh.

Nah, itulah makanan yang bisa menyebabkan jerawat pada punggung. Kamu tidak harus menghindari makanan yang  disebutkan diatas. Namun, jika kamu  tetap mengonsumsi makanan tersebut merasakan gatal-gatal pada area punggung, permukaan kulit bagian punggung mulai kasar, muncul bintik-bintik atau beruntusan. Segara kunjungi dokter untuk diagnosa lebih lanjut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut