get app
inews
Aa Read Next : Terungkap dalam Arsip Belanda, Alasan Warga Cilegon Berontak dalam Geger Cilegon Tahun 1888

2 Pejuang Geger Cilegon Lolos Kajian Akademik untuk Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Kamis, 17 Agustus 2023 | 11:32 WIB
header img
KH Wasyid dan KH Arsyad Thawil, 2 pahlawan Geger Cilegon yang diusulkan Pemkot Cilegon jadi Pahlawan Nasional. Foto: Mada Mahfud & Wikipedia

CILEGON, iNewsCilegon.id- 2 pejuang Geger Cilegon dinyatakan layak jadi Pahlawan Nasional berdasarkan kajian akademik akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila di sela-sela perayaan HUT Kemerdekaan RI yang digelar Pemkot Cilegon, Kamis (17/8/20230.

“Ada dua tokoh yang tengah kita usulkan sebagai Pahlawan Nasional, yaitu KH Wasyid dan KH Arsyad Thawil,” kata Heni Anita.

Kepala Dindikbud Kota Cilegon ini menyatakan kajian akademik mengenai kelayakan 2 pahlawan Geger Cilegon telah rampung. Proses selanjutnya adalah usulan di Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI). 

Kajian akademik sendiri dilakukan untuk mengukur dan menentukan kelayakan usulan menjadi Pahlawan Nasional. 

"Itu sudah selesai kajiannya, sudah beres, berkas-berkasnya sudah dan dokumennya juga sudah. Ini sedang kita usulkan ke Kementerian Sosial RI,” jelasnya.

Menurut Heni, alasan diusulkannya kedua nama tokoh tersebut sebagai Pahlawan Nasional, karena keduanya merupakan para pejuang Geger Cilegon yang secara referensi memiliki jejak sejarah. 

“Mereka (KH Wasyid dan Arsyad Thawil-red) adalah pejuang-pejuang Geger Cilegon yang secara referensi jejak sejarahnya ada,” tuturnya.

Heni Anita berharap 2 tokoh Geger Cilegon bisa diterima dan segera ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. 

Heni mengungkapkan proses usulan membutuhkan anti yang cukup lama. ”Kalau tidak bisa tahun ini, mudah-mudahan tahun depan,” papar Kepala Dindikbud Kota Cilegon.

Geger Cilegon adalah peristiwa pemberontakan warga Cilegon tahun 1888 terhadap Pemerintah Belanda. Sejumlah pemimpin Belanda tewas kala itu dan berujung ditangkapnya para pahlawan Cilegon, sebagaian terbunuh dan sebagaian diasingkan. 
 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut