get app
inews
Aa Read Next : Hari ke 5 Ramadhan, Warga Cigeulis Pandeglang Antusias Terima Bansos Beras dari Kemensos

BMKG sebut Sejumlah Daerah Diguyur Hujan pada Oktober 2023, Ini Daftarnya

Selasa, 03 Oktober 2023 | 13:15 WIB
header img
BMKG sebut hujan guyur sejumlah daerah pada Oktober 2023. Foto Ilustrasi: Istimewa

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan hujan lebat berpotensi terjadi di beberapa wilayah lantaran efek fenomena-fenomena atmosfer meski El Nino belum pergi.

"Waspada hujan lebat (>50mm/hari) di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Papua Barat dan Papua," demikian dikutip iNewsCilegon.id dari prakiraan cuaca untuk Senin (2/10/2023) dan Selasa (3/10/2023), di Ikhtisar Cuaca Harian BMKG.

Tak hanya itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini soal potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor di lima wilayah di atas plus Riau.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar daerah berpotensi hujan kategori rendah (di bawah 50mm per hari):

Oktober I: Sumatra bagian tengah dan selatan, Jawa hingga NTT, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, sebagian Papua Barat, sebagian Papua, sebagian Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Oktober II: Sumatra bagian tengah dan selatan, Jawa hingga NTT, Kalimantan bagian tengah hingga timur, sebagian besar Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, sebagian Papua Barat, sebagian Papua, sebagian Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Musim hujan yang terlambat datang di sebagian besar RI ini terkait dengan fenomena El Nino yang diprediksi bertahan hingga awal 2024 dan fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) yang diprakirakan bertahan hingga akhir 2023.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut