get app
inews
Aa Read Next : Pakaian Baduy hingga Bazaar UMKM Meriahkan Upacara Hari Jadi Ke-195 Kabupaten Lebak

Beras Inpari IR Nutri Zinc Cara Sakti Pemkab Lebak Tekan Stunting

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 09:59 WIB
header img
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya terima beras inpari IR Nutri Zinc dari BBPSIP. Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsCilegon.id - Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Lebak terus berupaya mengakselerasi penyelesaian masalah stunting secara komperhensif dan menyeluruh dengan melibatkan semua pihak. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Pemkab Lebak berusaha memperkuat ketahanan pangan dan memperbaiki gizi masyarakat, salah satunya mendorong konsumsi beras Inpari IR Nutri Zinc.

Untuk itu, Pemkab Lebak didukung Balai Besar Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BBPSIP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Standarisasi Sistem Penggunaan Beras Inpari IR Nutri Zinc untuk Pencegahan Stunting. Kamis (26/10/2023).

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menjelaskan, para petani di Kabupaten Lebak sudah menanam padi Inpari IR Nutri Zinc, namun sayangnya hasilnya belum terintegrasi dan belum terfokus pada pencegahan stunting. Hal ini salah satunya karena belum optimalnya sosialisasi manfaat beras nutri zinc dan tata kelola yang baik.

"Kita memang sudah menanam beras Inpari Ir Nutri Zinc terutama di desa penanganan lokus stunting karena berdasarkan penelitian, beras ini dapat membantu menanggulangi stunting. Oleh sebab itu saya berterima kasih kepada BBPSIP yang telah mendukung dan memfasilitasi bimbingan teknis ini, diharapkan seluruh pihak dapat berkolaborasi, dan secara berkelanjutan kepada masyarakat mengenai hal ini," kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Perlu diketahui, Beras Inpari Ir Nutri Zinc merupakan varietas padi sawah pertama di Indonesia yang memiliki kandingan zinc yang lebih tinggi (sekitar 25%), dibandingkan dengan varietas lainnya, dimana varietas tersebut berpotensi besar dalam mencegah stunting. 

Selain dengan mensosialisasikan pemanfaatan beras Inpari Ir Nutri Zinc sebagai langkah penanganan stunting, Bupati Iti juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan penguatan di dalam keluarga dengan memperhatikan asupan gizi yang baik bagi anak-anak.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut