get app
inews
Aa Read Next : Mengintip Indahnya Kampung Vietnam di Pulau Galang

Mengintip Pulau Galang, Pulau yang Disebut Wapres Amin Maruf untuk Pengungsi Rohingya

Sabtu, 09 Desember 2023 | 16:07 WIB
header img
Pulau Galang (Foto: Istimewa)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Beberapa waktu lalu Wakil Presiden Maaruf Amin sempat mengungkapkan bahwa Indonesia akan menyediakan sebuah pulau bernama Pulau Galang untuk menampung para pengungsi Rohingya yang masif melakukan pencarian perlindungan ke negara terdekat.

Lantas dimana dan bagaimana sejarah Pulau Galang yang disebut Maaruf Amin?

Pulau Galang adalah pulau di wilayah pemerintahan Kota Batam, provinsi Kepulauan Riau yang merupakan rangkaian pulau besar ketiga yang dihubungkan oleh enam buah jembatan Barelang. 

Pulau Galang terkenal karena adanya tempat pengungsian Vietnam yang terjadi secara besar-besaran pada tahun 1979–1996 dan menjadi perhatian dari pihak Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kalangan internasional. 

Kamp pengungsi Galang saat ini menjadi objek wisata dan sejarah kota Batam, karena jaraknya yang relatif dekat dengan pulau Batam (sekitar 7 km).

Sejarah kampung Vietnam di pulau Galang


Pulau Galang (Foto: Istimewa)

Pada tahun 1980-an pulau Galang mendadak menjadi terkenal karena pulau ini menjadi topik diskusi Perserikatan Bangsa-Bangsa, disebabkan ribuan 'manusia perahu' atau pengungsi dari Vietnam meninggalkan negaranya menuju ke pulau Galang.

Kampung Vietnam ini mirip sebuah desa yang ada di Indonesia pada umumnya, dulunya digunakan untuk menampung para pengungsi korban perang saudara Vietnam.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut