get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

Kota Cilegon akan jadi Kota Pacul, Ini Penjelasan Wali Kota

Minggu, 17 Desember 2023 | 13:57 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian memberi penjelasan alasannya Kota Cilegon jadi Kota Pacul. Foto: Diskominfo Kota Cilegon

CILEGON, iNews Cilegon.id - Kota Cilegon akan dibentuk menjadi Kota Pacul. Wali Kota Cilegon Helldy Agustian memberi penjelasan.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyatakan Kota Pacul akan menjadi karakter atau identitas identik ekonomi di Kota Cilegon.

Hal itu dilakukan dalam rangka merespon amanat Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo saat Musyawarah Nasional Luar Biasa Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang digelar di Kota Bogor, Jumat 15 Desember 2023.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi meminta agar setiap wali kota dapat memiliki design kota sendiri yang dapat menjadi identitas dan keunggulan masing-masing.

Diketahui, Kota Cilegon dikenal sebagai Kota Industri dan Kota Baja yang memiliki para pengrajin pacul dengan kualitas sangat baik. Produksi pacul para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Cilegon juga memiliki kemudahan dalam memperoleh bahan baku besi dan baja karena berada dekat dengan industri baja PT Krakatau Steel (KS) dan sejumlah perusahaan produsen baja lainnya.

Salah satu produksi pacul yang sangat dikenal di Kota Cilegon adalah pacul merah putih. Dalam proses pembuatannya, produksi pacul yang dimulai sejak 2021 ini melibatkan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) sebagai pengrajin berkolaborasi dengan PT KS sebagai penyplai bahan baku. Atas dasar itu, pacul merah putih memiliki beberapa keuanggulan diantaranya berkualitas tinggi dengan harga lebih terjangkau.   

“Saya pernah sampaikan pada kegiatan Apeksi di awal 2023 bahwa diferensiasi itu harus ada ditiap-tiap kota. Kota-kota di Indonesia tidak ada yang memiliki spesifik kekuatan dan diferensiasi dengan kota-kota lain,” kata Presiden RI Joko Widodo saat memberikan sambutan sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Jumat 15 Desember 2023.

Atas dasar itu, Jokowi meminta agar setiap wali kota dapat memiliki design kota sendiri. "Design kota perencanaan besar harus disiapkan dari sekarang. Mestinya di tiap kota itu memiliki perbedaan perbedaan, karena tiap unggulannya itu memiliki kekuatan masing-masing,” ungkapnya.

Menanggapi amanat Presiden Jokowi tersebut, Wali Kota Cilegon yang juga menjabat Ketua Apeksi Korwil III Helldy Agustian mengaku bahwa dirinya langsung terpikir untuk membentuk karakter Kota Cilegon sebagai Kota Pacul.

"Dengan Karakter Kota Cilegon sebagai Kota Industri, saya terpikir seusai sambutan dari Pak Presiden tadi untuk menjadikan Kota Cilegon ini sebagai Kota Pacul, karena bahan-bahan pacul juga bisa kita buat dari hasil industry disini (Kota Cilegon-red),” akunya.

Menurut Helldy, dengan menjadikan Kota Cilegon sebagai Kota Pacul, maka dapat mengangkat pertumbuhan UMKM di Kota Cilegon.

"Dengan kita fokuskan di Pacul, bukan tidak mungkin UMKM kita akan semakin maju, terutama pembuatan pacul ini,” katanya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut