get app
inews
Aa Read Next : Viral Presiden Soeharto Hidup Lagi, Ajak Masyarakat Coblos di Pemilu 2024

Tips Jaga Keamanan Siber Keuangan dan Keluarga di Tahun 2024

Senin, 08 Januari 2024 | 12:47 WIB
header img
Bersikaplah sangat kritis terhadap konten apa pun yang menstimulasi emosi, yang ditemui di media sosial. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Pesatnya perkembangan AI, ketegangan internasional, dan perkembangan teknologi “pintar” seperti Internet of Things (IoT) membuat tahun 2024 menjadi tahun yang penuh tantangan dalam hal keamanan siber.

Berikut beberapa resolusi Tahun Baru 2024 untuk keamanan siber ala Kaspersky:

Lindungi Keuanganmu

Teknologi e-commerce dan keuangan terus berkembang secara global, dan teknologi yang sukses mulai diadopsi di wilayah-wilayah baru. Pembayaran elektronik instan antar individu kini semakin meluas. Dan, tentu saja, para penjahat siber merancang cara-cara baru untuk mendapatkan uangmu.

Tidak hanya melibatkan penipuan dengan menggunakan sistem transfer uang instan, namun juga teknik canggih untuk mencuri data pembayaran di situs e-commerce dan toko online.

Web skimmer generasi terbaru yang dipasang oleh peretas di situs belanja online yang sah, hampir mustahil untuk dilihat, dan korban baru mengetahui bahwa data mereka telah dicuri ketika tagihan tidak dikenali muncul di kartu mereka.

Apa yang harus dilakukan?

Tautkan kartu bank kamu ke Apple Pay, Google Pay, atau sistem pembayaran serupa lainnya yang tersedia di negaramu. Hal ini tidak hanya nyaman, tetapi juga mengurangi kemungkinan pencurian data saat melakukan pembelian di toko. Gunakan sistem tersebut untuk melakukan pembayaran di situs web bila memungkinkan. Tidak perlu memasukkan detail kartu bank kamu lagi di setiap situs web baru.

Lindungi ponsel cerdas dan komputer kamu dengan sistem keamanan komprehensif seperti Kaspersky Premium. Ini akan membantu melindungi uangmu, misalnya, dari jenis serangan terbaru seperti rincian penerima diganti saat melakukan transfer uang instan di aplikasi perbankan.

Gunakan kartu virtual atau kartu sekali pakai untuk pembayaran online jika bank kamu mendukung opsi ini. Jika kartu virtual dapat diterbitkan ulang dengan cepat di aplikasi, ubahlah secara rutin — misalnya, sebulan sekali. Atau gunakan layanan khusus untuk “menyembunyikan” kartu, menghasilkan rincian pembayaran satu kali untuk setiap sesi pembayaran.

Jangan Percaya Semua yang Kamu Lihat

Kecerdasan buatan generatif telah mendominasi pemberitaan sepanjang tahun 2023 dan telah berdampak signifikan terhadap pasar kerja. Sayangnya, ini juga telah digunakan untuk tujuan berbahaya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut