get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Buaya Sanggoma Berkeliaran di Sukaresmi Pandeglang, Warga Diminta Hati-Hati

Selasa, 09 Januari 2024 | 10:32 WIB
header img
Tim BPBD Pandeglang evakuasi buaya sanggoma berukuran 3 meter (Foto: Istimewa)

SUKARESMI PANDEGLANG, iNews Cilegon.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang menerjunkan personelnya ke Desa Kubang Kampil, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang untuk melakukan evakuasi satwa liar jenis buaya yang menghebohkan warga.

Buaya tersebut awalnya ditangkap oleh warga setempat di sekitaran Sungai Songgoma, pada Senin (8/1/2024).

Kepala seksi kedaruratan BPBD Kabupaten Pandeglang, Rian Sutiansyah mengatakan, evakuasi buaya tersebut dilakukan setelah menerima laporan dari masyarakat. Warga melaporkan bahwa ada seekor buaya berukuran sekitar 3 meter yang berkeliaran di sekitaran Sungai Songgoma.

"Mendapat laporan tersebut, kami langsung menerjunkan tim Reaksi cepat (TRC) BPBD ke lokasi. Tim berhasil mengevakuasi buaya tersebut dengan selamat," ungkap Rian. Selasa (9/1/2024).

Kata Riam, buaya yang berhasil dievakuasi tersebut kemudian diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Banten. 

"Nantinya BKSDA akan melakukan perawatan terhadap buaya tersebut sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya," ujarnya.

Rian mengimbau, masyarakat untuk berhati-hati saat beraktivitas di sekitar perairan, dan tidak mendekati atau mengganggu satwa liar, termasuk buaya.

"Masyarakat juga diharapkan untuk melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan satwa liar yang berkeliaran di sekitar pemukiman," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut