Logo Network
Network

Warga di Pandeglang Kebingungan Banyaknya Jumlah Surat Suara

Ila Nurlaila Sari
.
Rabu, 14 Februari 2024 | 16:12 WIB
Warga di Pandeglang Kebingungan Banyaknya Jumlah Surat Suara
Sejumlah pemilih tengah melihat daftar calon yang terpampang dalam simulasi surat suara (Foto: cilegon.inews.id)

LABUAN PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Meski terkendala cuaca, namun antusiasme warga di Kecamatan Labuan, Kabupaten Labuan, Banten, cukup tinggi dalam menunaikan hak pilihnya dalam Pemilihan umum (Pemilu) 2024. Hal itu terpantau dibeberapa tempat pemungutan suara (TPS). Pada Rabu (14/2/2024).

Berdasarkan pantauan, sejumlah warga mengaku kebingungan karena jumlah surat suara yang banyak.

L (40), Salah satu pemilih yang enggan disebut namanya mengaku, dirinya yang masih berusia 40 tahunan saja cukup kerepotan ketika akan melakukan pencoblosan dengan surat suara yang cukup banyak dan berukuran besar tersebut.

"Bukan hanya jumlah surat suaranya saja yang banyak, tapi juga ukuran tulisan yang cukup kecil dan banyaknya calon yang harus diliat satu persatu  sangat menyulitkan para pemilih usia muda maupun yang usia lanjut," kata L kepada tim cilegon.inews.id. Rabu (14/2/2024).

Ia menuturkan, kesulitan yang sama juga dialami oleh sang ibu yang ketika melakukan pencoblosan tengah dalam kondisi sakit. 

"Ibu saya beres nyoblos nyusruk (jatoh), selain karena kondisi kesehatannya yang sedang kurang fit juga karena lamanya berdiri di kobong pencoblosan, karen itu tadi bentuk surat suara yang besar, banyaknya jumlah calon dan ukuran tulisan yang kecil," ujarnya.

Sementara itu, I (45) menuturkan, dirinya juga mengalami kebingungan hingga ada surat suara yang tak dicoblosnya karena saking banyaknya jumlah surat suara.

"Satu orang 5 surat suara dengan ukuran segede koran, terus tulisannya juga kecil karena banyaknya calon yang bertarung. Kalau melipatnya gak terlalu sulit karena tinggal mengikuti saja, yang membuat saya bingung banyaknya calon yang harus diliat satu persatu," tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini