get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Viral Awan Gelap Memanjang di Langit Pelabuhan Merak, BMKG: Itu Fenomena

Senin, 14 Februari 2022 | 16:22 WIB
header img
Fenomena awan hitam bergelombang yang menyelimuti langit terlihat di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (14/2/2022). (Foto: Iskandar Nasution/Cilegon iNews)

MERAK, iNews.id - Sebuah penampakan awan hitam gelap memanjang horizontal terlihat di atas langit Pelabuhan Merak, Banten, Senin (14/02/2022) pagi.

Kasie Datin BMKG Serang Tarjono menjelaskan secara ilmiah dalam dunia Meteorologi, awan tersebut dinamakan Awan Arcus. Awan ini dapat dijumpai di antara awan Cumulonimbus dan Cumulus.

Awan Arcus lazim terjadi meskipun frekuensi kejadiannya jarang. Memiliki tinggi dasar awan yang rendah serta formasi pembentukannya memanjang horizontal seolah-olah seperti gelombang.

Tarjono mengatakan awan tersebut terbentuk dari ketidakstabilan atmosfer di sepanjang masa udara yang lebih dingin dengan masa udara yang lebih hangat dan lembap, sehingga membentuk tipe awan yang horizontal dan memanjang.

"Pada awan ini berpotensi menimbulkan angin kencang, hujan lebat dan petir di sekitar pertumbuhan awan," kata Tarjono, Senin (14/02/2022).

"Jadi keberadaan awan ini murni merupakan fenomena pembentukan awan yang terjadi akibat kondisi dinamika atmosfer, dan tidak ada kaitannya dengan akan terjadi gempa bumi," ungkapnya.

Meski demikian Tarjono meminta masyarakat tetap waspada terhadap potensi yang mungkin terjadi seperti hujan lebat disertai angin kencang dan petir namun tidak perlu panik yg berlebihan.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut