get app
inews
Aa Read Next : Muliakan Guru, Wali Kota Helldy Nyanyikan Lagu Hymne Guru di MAN 2 Cilegon

Helldy Agustian Terdepan di Pilkada Cilegon 2024, Unggul di Survei LKPI

Senin, 03 Juni 2024 | 14:01 WIB
header img
Helldy Agustian menempati posisi terdepan berdasarkan survei LKPI. Foto: Ist

JAKARTA, iNews Cilegon.id- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 tinggal menghitung bulan, sejumlah nama pun diisukan bakal maju pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Cilegon.

Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis mengatakan, dari hasil pemetaan data oleh Lembaga Kajian Pemilu Indonesia ( LKPI) di media massa dan sosial serta di pusat keramaian masyarakat di Cilegon, deretan nama ini siap ramaikan bursa calon Wali Kota Cilegon 2024.

"Diantaranya ada nama Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Anggota DPRD Banten Dede Rohana Putra , juga Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta yang juga bakal maju untuk menjadi nomor satu di Cilegon," kata Togu Lubis dalam keteranganya, Senin (3/6/2024)

Selain itu, kata Togu Lubis beberapa tokoh lainnya juga muncul dari elit Golkar Cilegon seperti Ketua DPD Golkar Cilegon, Ratu Ati Marliati dan Isro Mi’raj yang merupakan Sekretaris DPD Golkar Cilegon yang juga sebagai Ketua Anggota DPRD Cilegon juga muncul Caleg DPRD Kota Terpilih dari Partai Golkar, Robinsar serta Ketua DPD PAN Cilegon, Alawi Mahmud yang namanya akan meramaikan bursa bakal calon walikota Cilegon.

Togu menjelaskan,tentu saja sangat menarik bagi LKPI untuk melakukan penelitian dengan metode survei kepada masyarakat Kota Cilegon untuk mengukur Preferensi Masyarakat terhadap para tokoh tokoh tersebut dalam pemilihan Wali Kota Cilegon pada bulan November 2024.

Dalam penelitian ini, pengambilan data untuk dijadikan objek penelitian yaitu masyarakat Kota Cilegon yang sudah memiliki hak pilih pada pemilihan Wali Kota Cilegon 2023 menggunakan metode multi stage random sampling dengan 1.480 responden dari populasi DPT pemilihan umum 2024 sebanyak 324.562 pemilih yang tersebar secara proposional di 43 Kelurahan di Kota Cilegon dan survei ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,49 persen dengan Tingkat kepercayaan 95 persen.

Penelitian dilakukan sejak tanggal 15 -25 Mei 2024, pengambilan data pada responden dilakukan dengan wawancara secara tatap muka oleh surveyor dari LKPI.

Dari hasil penelitian didapati bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian mencapai 88,3 persen di mana pada angka sangat puas sebanyak 36,1 persen, cukup puas sebanyak 52,2 persen, sisanya 11,7 persen kurang puas dan tidak tahu atau tidak menjawab.

"Dalam beberapa sektor seperti program pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan pengentasan pengangguran di Kota Cilegon, hasil survei mendapati bahwa dalam program pendidikan sebanyak 81,3 persen publik Cilegon sangat puas dan puas," ujarnya.

Sementara itu, hasil survei mendapati bahwa terkait sepuluh janji kampanye wali kota & wakil wali kota terpilih pada Pilwakot yang lalu, mayoritas masyarakat kota Cilegon sebanyak 80,7 persen menilai mampu melaksanakan janji kampanye yang disampaikan dalam Pilwakot Cilegon 2020.

Hasilnya, untuk popularitas atau paling banyak dikenal oleh publik kota Cilegon sebagai bakal calon Wali Kota cilegon yakni nama Helldy Agustian dengan tingkat popularitas sebesar 86,8 persen, kemudian Ratu Atu Marliati 70,2 persen, Isro Mi'raj 60,2 persen, Sanuji Pentamarta 59,2 persen,Alawi Mahmud Dede 42,4 persen, Rohana Putra 40,2 persen, Robinsar 30,8 persen.

Berdasarkan hasil survei, tingkat penerimaan (akseptabilitas) masyarakat Kota Cilegon terhadap nama Helldy Agustian paling tinggi untuk posisi Calon Wali Kota Cilegon pada tahun 2024 berada di angka 79,8 persen. kemudian disusul oleh Ratu Ati Marliati 63,8 persen dan Sanuji Pertamarta 60,8 persen, Isro Mi'raj 56,8 persen, Alawi Mahmud 42,7 persen, Ade Rohana Putra 37,8 persen dan Robinsar 37,7 persen.

"Ada hubungan yang simetris dengan Tingkat elektabilitas Helldy Agustina di mana tingkat elektabilitas tidak serta merta tinggi begitu saja," ucapnya.

Cara kerja Helldy Agustian dan jajarannya dalam memimpin gerbong Pemkot Cilegon untuk bekerja dan melayani masyarakat serta cepat tanggap dalam permasalahan yang muncul pada akhirnya tercermin dengan angka elektabilitas yang naik signifikan. Di mana pada uji simulasi semi terbuka dengan menyodorkan tujuh nama calon wali kota, hasilnya jawaban secara spontanitas responden (pertanyaan semi terbuka), temuan survei Tingkat Elektabilitas Helldy Agustian mencapai 41,2 persen, kemudian Ratu Ati Marliati 18,3 persen, Sanuji Pentamarta 10,2 persen , Isro Mi'raj 9,1 persen , Alawi Mahmud 4,1 persen,Dede Rohana Putra 3,2 persen, Robinsar 2,2 persen dan tidak memilih 11,7 persen.

Tingkat Elektabilitas untuk calon Wali Kota Cilegon dengan uji simulasi lima nama calon dengan pertanyaan tertutup pada responden hasilnya Helldy Agustian tetap memiliki tingkat Elektabilitas yang tertinggi dengan prosentase 45,9 persen, di urutan kedua Ratu Ati Marliati 21,7 persen, Sanuji Pentamarta 9,8 persen, Isro Mi'raj 6,2 persen dan Alawi Mahmud 2,7 persen dan yang tidak memilih sebanyak 13,7 persen.

Dia menjelaskan, tingkat elektabilitas untuk calon Wali Kota Cilegon dengan uji simulasi lima nama calon walikota dengan nama yang berbeda dan dengan pertanyaan tertutup pada responden hasilnya Helldy Agustian tetap memiliki tingkat elektabilitas yang tertinggi dengan prosentase 48,7 persen, di urutan kedua Ratu Ati Marliati 23,8 persen, Sanuji Pentamarta 8,1 persen, Isro Mi'raj 7,3 persen dan Dede Rohana Putra 3,3 persen dan yang tidak memilih sebanyak 8,8 persen.

Pada uji simulasi tiga nama calon bakal Wali Kota Cilegon yang disodorkan pada responden untuk memberikan pilihan nama dengan diberi pertanyaan dari tiga tokoh ini , siapa yang akan dipilih jika pemilihan Wali Kota Cilegon digelar hari ini, hasil uji simulasi ini menunjukan Tingkat Elektabilitas Helldy Agustian tetap yang tertinggi dengan presentase sebesar 54,7 persen di urutan kedua Ratu Ati Marliati 27,4 persen dan Sanuji Pentamarta 10,8 persen dan tidak memilih sebanyak 7,1 persen.

"Hasil survei juga menunjukkan tingkat partisipasi politik masyarakat di kota Cilegon terbilang tinggi dan menjadi angin segar bagi perkembangan dunia politik lokal di kota Cilegon dimana sebanyak 80,8 % dari total responden memastikan akan memberikan suaranya pada hari pemilihan," bebernya.

Sebanyak 72,8% responden juga telah mengetahui akan ada pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kota Cilegon. Hal ini menjadi indikasi positif bahwa tingkat politic literacy di masyarakat Kota Cilegon cukup baik.

Menanggapi hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), soal unggulnya Helldy Agustian sebagai Wali Kota Cilegon 2024 pilihan masyarakat Cilegon, Pengamat politik Banten, Bambang Arianto menilai Helldy Agustian sebagai sosok yang dianggap masyarakat Cilegon mampu memimpin Cilegon.

"Helldy Agustian memang dianggap masyarakat mampu memimpin Cilegon," kata Bambang kepada awak media, Senin (3/6/2024)

"Helldy Agustian juga telah memiliki banyak pengalaman dalam mengurus Cilegon selama menjadi Wali Kota Cilegon, maka kepercayaan itu membuat masyarakat Cilegon ingin Helldy menjadi Wali Kota Cilegon kembali," imbuhnya.

Dia menambahkan sebagai sosok yang berpengalaman, tentunya Helldy Agustian memiliki program yang menyentuh masyarakat kecil.

"Orang yang memiliki pengalaman, Helldy Agustian tentunya mempunyai banyak program pro-rakyat," bebernya.

Lebih lanjut, dia mengaku Helldy Agustian dapat menaikan elektabilitasnya asalkan melakukan sosialisasi dan menggerakkan mesin politik. 

"Helldy Agustian dapat menaikan elektabilitasnya asalkan melakukan sosialisasi dan menggerakkan mesin politik," tutupnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut