get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Ukraina Minta Perlindungan NATO Tapi Ditolak, NATO Cuma Bisa Beri Sanksi ke Rusia

Sabtu, 05 Maret 2022 | 11:32 WIB
header img
Sebuah bangunan hancur akibat serangan Rusia di kota Irpin di wilayah Kyiv, Ukraina 2 Maret 2022. (Foto: REUTERS/Serhii Nuzhnenko)

BRUSSEL, iNews.id - Permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk melindung wilayah udaranya dari gempuran pasukan Rusia ditolak NATO. Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara itu menolak berperang melawan Rusia.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (5/3/2022), Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan NATO hanya berani menjanjikan sanksi yang lebih banyak bagi Rusia untuk menghukum Presiden Vladimir Putin.

"Kami bukan bagian dari konflik ini. Kami punya tanggung jawab sebagai sekutu NATO untuk mencegah perang ini meluas di luar Ukraina karena akan lebih berbahaya, lebih menghancurkan, dan akan menyebabkan penderitaan manusia yang lebih banyak," kata Jens Stoltenberg.

Keputusan NATO tersebut dikecam oleh Presiden Ukraina. Zelensky menyebut aliansi tersebut seperti memberi lampu hijau bagi Rusia untuk melanjutkan pengeboman terhadap negaranya.

"Hari ini ada KTT NATO, KTT lemah, KTT membingungkan, KTT di mana jelas bahwa tidak semua orang menganggap pertempuran menjadikan kebebasan Eropa sebagai tujuan nomor 1. Hari ini, pimpinan aliansi memberi lampu hijau untuk pengeboman lebih lanjut di kota-kota dan desa-desa Ukraina, setelah menolak untuk menetapkan zona larangan terbang," kata Zelensky, dalam pesannya di video yang disiarkan televisi.

Sebelumnya Zelensky mendesak NATO untuk menerapkan zona larangan terbang di langit Ukraina sehingga tak memberi ruang bagi Rusia untuk menyerang dari udara, baik menggunakan rudal maupun pesawat.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan NATO akan mempertahankan setiap inci wilayah anggota dan Rusia tidak akan meragukan tekadnya itu. "Aliansi kami adalah aliansi defensif, tidak mencari konflik. Tapi jika konflik datang kepada kami, kami siap," katanya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut