Logo Network
Network

Berawal Adegan Salat Dalam Film, George Rudy Tergerak Menjadi Mualaf

Mikail Mpu
.
Senin, 04 April 2022 | 08:46 WIB
Berawal Adegan Salat Dalam Film, George Rudy Tergerak Menjadi Mualaf
Foto : YouTube/George Rudy Official

CILEGON, iNewsCilegon.id – Aktor laga Indonesia di era tahun 1980-an George Rudy mengungkapkan perjalanan hidupnya ketika awal mula dirinya menjadi seorang mualaf. 

Kisah itu diceritakannya lewat sebuah unggahan video di channel YouTube George Rudy Official pada 7 Maret 2020.

Dirinya mengaku jika proses menjadi seorang mualaf tidak terjadi secara instant. Perjalanannya menjadi seorang mualaf diawali saat dirinya terlibat syuting film Balada Dua Jagoan pada tahun 1977. Dalam salah satu adegan, sutradara Fritz G. Schadt memintanya untuk melakukan adegan salat.

“Tapi saya bilang ke sutradara, Pak Fritz maaf, tapi saya non-muslim. Beliau bilang enggak apa-apa. Kita hanya mau memperlihatkan bahwa karakter yang kamu perankan ini seorang muslim,” kata George Rudy meniru ucapan sang sutradara. 

Adegan salat dalam syuting film yang dilakoninya bersama aktor Rd Mochtar itu, mampu menggetarkan hatinya. George Rudy pun sempat berpikir, apakah ini sebuah petunjuk yang diberikan Allah untuk dirinya.

Niatnya untuk mengenal Islam lebih jauh semakin kuat ketika pada tahun 1980 dirinya melihat orang berwudhu. Dirinya kagum kagum melihat umat Islam menganggap serius pertemuan dengan Allah.

“Ternyata untuk bertemu Tuhan, kita tidak hanya harus siap secara hati, tapi juga bersih jasmani,” ujar George Rudy.

Dirinya kemudian mempelajari agama Islam lewat terjemahan Al Quran. Ketika dirinya mulai paham tentang ajaran Islam, George Rudy kemudian memantapkan hati menjadi mualaf. Aktor berusia 67 tahun ini, mengucap dua kalimat syahadat di Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan, pada Maret 1981.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini