get app
inews
Aa Read Next : Komisi VII Dorong Pengesahan RUU EBT Sebelum KTT G20 di Bali

Buntut Kebocoran Pipa Gas, Panja Migas Komisi VII Akan Investigasi Manajemen PT SMGP

Selasa, 26 April 2022 | 10:10 WIB
header img
Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar (Foto: dpr.go.id)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Komisi VII DPR RI akan memanggil pihak PT Sorik Marapi Geothermal Project (PT SMGP) di Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara, untuk melakukan klarifikasi, pascaterjadinya kebocoran pipa gas yang menimbulkan keracunan pada warga sekitar.

Menurut Anggota Komisi VII DPR RI, Yulian Gunhar, selain memanggil untuk meminta klarifikasi, Komisi VII DPR RI juga berencana melakukan pendalaman terkait bocornya pipa gas milik PT. SMGP, melalui Panitia Kerja (Panja) Migas.

“Kita akan panggil dan melakukan pendalaman melalui Panja Migas terkait kebocoran pipa PT SMGP yang membahayakan keselamatan warga sekitar," kata Gunhar dalam keterangan tertulis, Senin (25/4/2022).

Komisi VII menurut Gunhar, akan melakukan investigasi manajemen perusahaan. Bahkan apabila ditemukan problem serius dari sisi manajemen internal yang terbukti bakal membahayakan nyawa warga sekitar, maka ia menambahkan, terbuka kemungkinan untuk diusulkan pemberhentian operasional.

"Terbuka usulan untuk dilakukan pemberhentian operasi dan penutupan perusahaan, jika memang sangat berisiko terhadap keselamatan masyarakat sekitar,” tegas Gunhar.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, kebocoran gas yang terjadi berulang kali itu tidak bisa dibiarkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Ia meminta Kementerian ESDM aktif meningkatkan pengawasan aktivitas pemboran dan operasi lapangan geotermal di wilayah lain.

"Pemerintah jangan hanya melihat masalah pertambangan dari sisi ekonomi, namun juga sisi keselamatan warga masyarakat sekitarnya," katanya.

Selain itu, Gunhar meminta pemerintah mengambil tindakan tegas terhadap setiap kejadian yang menimbulkan risiko bagi pekerja maupun masyarakat di sekitarnya. Apalagi, kebocoran gas PT. SMGP ini terjadi berulang kali.

"Padahal, pada umumnya penambangan Geothermal seharusnya sudah menggunakan safety procedure yang presisi, atau sistem pencegahan semburan liar untuk menutup lubang bor ketika terjadi kick," katanya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut