get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Keluarga Malang 4 Anggotanya ODGJ, Dinsos Pandeglang Salurkan Bantuan Rp 33 Juta

Minggu, 15 Mei 2022 | 18:41 WIB
header img
Kadinsos Pandeglang Hj Nuriah menyerahkan bantuan kepada Zaenudin, kepala keluarga dengan 3 anggota keluarganya alami ODGJ (Foto: Ila Nurlaila Sari/iNews Cilegon).

LABUAN, CilegoniNews.id - Cobaan berat menimpa Zaenudin. Warga Desa Caringin, Labuan, Pandeglang ini empat anggota keluarga berstatus ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). 

Tak tinggal diam dengan kesusahan warganya, Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang turun tangan dengan mendatangi keluarga tersebut, Minggu (15/5/2022).

Keberadaan keluarga malam ini sebelumnya viral di media sosial. Zaenudin mempunyai tujuh anak. Tiga diantaranya mengalami gangguan kesehatan jiwa yaitu Mu (33), Ju(20) dan Ro (19). 

Mu dan Ro dirantai karena khawatir menganggu warga.

Beban berat Zainudin semakin bertambah karena sesungguhnya istrinya pun mengalami gangguan serupa.

Dinsos hadir tidak sekadar lenggang kangkung. Mereka menyalurkan bantuan senilai Rp33.050.000 yang merupakan sumbangan Balai Galih Pakuan Kementrian Sosial (Kemensos).

Kadinsos Kabupaten Pandeglang Hj Nuriah mengungkapkan keprihatinannya.

"Sebetulnya ini ranah Dinas Kesehatan, namun melihat kondisi rumahnya yang kurang layak akhirnya kami merasa terpanggil, meski demikian kami tetap akan berkordinasi dengan pihak Dinkes kaitannya dengan kesehatan jiwa mereka," tutur Nuriah.

Nuriah menuturkan, keluarga ini sebelumnya sudah mendapat bantuan sosial dari Kemensos berupa PKH dan program lainnya.

"Dinkes melalui Puskesmas Kabuan juga sebetulnya sudah memberikan bantuan berupa pengobatan dan kontroling rutin, namun karena ibunya keberatan untuk ditindak lanjuti ke Rumah Sakit Jiwa akhirnya terkendala, kan harus atas persetujuan bersama," jelasnya.

Dinsos sendiri, tutur Nuriah akan fokus melakukan rehab rumah Zainudin. Tujuannya untuk meringankan beban keluarga tersebut sehingga perawatan akan lebih baik.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut