get app
inews
Aa Read Next : 6 Tips Memilih Tas Wanita yang Cocok di Segala Suasana

Ellon Musk, Manusia Terkaya Dunia ini Dulu Sering Dibully

Senin, 16 Mei 2022 | 19:50 WIB
header img
Ellon Musk kini tercatat sebagai orang terkaya di dunia. Dulu dia jadi bahan bully (Foto : Instagram Elon Musk).

CILEGON, iNewsCilegon.id – Kemarin Presiden Joko Widodo menemui Ellon Musk dalam kunjungan ke Amerika. Kunjungan ini tak lepas dari sosoknya yang sudah menjadi magnet dunia.

Ellon Musk kini tercatat sebagai manusia terkaya di dunia setelah sukses memproduksi mobil listrik Tesla. Tak ada yang menyangka, dulu ia merana.

Saat berusia 9 tahun, kenyataan pahit dihadapi Ellon Musk. Kedua orang tuanya berpisah. Tak hanya itu, di sekolah Musk juga kerap dibully oleh teman temannya.

Bahkan ia pernah sampai dirawat di rumah sakit karena dirinya didorong teman yang membullynya hingga terjatuh di tangga, kemudian dipukuli hingga pingsan.

Meski sering jadi korban kenakalan teman sekolahnya, Musk memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan teman sekolahnya.

Di usia 12 tahun Musk sudah mempelajari coding dan mampu membuat game yang akhirnya terjual seharga 500 dollar Amerika Serikat (AS).

Setelah lulus SMA di tahun 1980-an, Musk bersama ibu dan saudaranya pindah ke Kanada. Di Kanada, Musk bekerja sebagai tenaga serabutan, mulai dari penggali tanah, pemotong kayu, hingga pembersih ruangan di pabrik kayu.

Dari pekerjaan itu Musk bisa mengumpulkan uang untuk biaya kuliah di Queen University. 2 tahun di Queen University, Musk memutuskan pindah ke University of Pennsylvania.

Sambil kuliah Musk tetap mencari pemasukan dengan berjualan komputer. Komputer itu dia rakit sendiri sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih murah.

Setelah lulus dari University of Pennsylvania, Musk melanjutkan studinya ke Stanford. Namun tidak memakan waktu lama, Musk akhirnya memutuskan untuk berhenti kuliah dan mulai mengembangkan usaha rintisan bersama saudaranya Kimbal.

Dengan modal sebesar 28 ribu dollar AS, Musk dan Kimbal mengembangkan sebuah software petunjuk kota untuk koran bernama Zip2. Empat tahun kemudian, Zip2 terjual dengan harga 307 juta dollar AS.

Dari hasil penjualan tersebut, Musk mendirikan sebuah jasa perbankan online yang bernama X.com, yang kemudian melakukan merger dengan pesaingnya dan membentuk PayPal.

Di tahun 2002 eBay membeli PayPal dan membuat Musk mendapat keuntungan sebesar 180 juta dollar AS.

Dari sinilah awal mula Musk mulai mengembangkan bisnis eksplorasi luar angkasanya yang bernama SpaceX.

Dan beberapa tahun kemudian Musk dan rekannya menciptakan mobil listrik Tesla, yang pada akhirnya dari Tesla inilah yang membawa Musk menjadi seorang miliuner.

Berdasarkan catatan Forbes, kekayaan Elon Musk saat ini tercatat sebesar 219 miliar dollar AS atau Rp 3.179 triliun.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut