get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

Helldy Agustian Buka Manasik Haji Jemaah Kota Cilegon

Selasa, 24 Mei 2022 | 20:59 WIB
header img
Helldy Agustian Buka Manasik Haji Jemaah Kota Cilegon (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian membuka Bimbingan Jemaah Haji Reguler Tingkat Kota Cilegon Tahun 1443 H/2022 di Aula Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Kota Cilegon, Selasa (24/5/2022).
 
 "Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya khususnya untuk kantor Kementerian Agama Kota Cilegon dan jajaranya atas prakarsa dan upayanya dalam menyelenggarakan bimbingan manasik haji tingkat Kota Cilegon, semoga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai modal bagi calon jemaah haji Kota Cilegon agar supaya menjadi haji yang mabrur," kata Helldy.

Helldy mengatakan dengan diberangkatkan haji di tahun ini merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu bagi calon jemaah haji Kota Cilegon, sebab sudah dua tahun tidak ada pemberangkatan haji dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

"Manasik haji ini sangat penting untuk diikuti oleh para calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci Makkah, karena manasik haji ini dapat memberikan pengetahuan yang sangat berharga tentang cara pelaksanaan dan syariat serta rukun haji," terang Helldy.

Selain itu, lanjut Helldy, adanya manasik haji ini juga dapat mendorong kemandirian bagi calon jemaah haji sehingga diharapkan rangkaian ibadah haji dapat terlaksana dengan sempurna.

Helldy juga mengimbau kepada calon jemaah haji Kota Cilegon untuk selalu menjaga kesehatan.

"Ibadah haji membutuhkan fisik yang baik oleh karena itu saya sangat mengimbau kepada calon jamaah untuk selalu menjaga kesehatan agar supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita diinginkan," tuturnya.

Diakhir sambutannya, Helldy berpesan untuk tidak takabur dalam menjalankan ibadah haji.

"Kita harus ikhlas dalam menjalankan ibadah haji jangan takabur, sebab terdapat banyak pengalaman yang tidak diinginkan dapat terjadi di tanah suci jadi intinya kita harus ikhlas menjalankan ibadah haji ini karena Allah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cilegon Lukman Hakim mengatakan bahwa Kementerian Agama hanya sebagai koordinator dalam pelaksanaan ibadah haji.

"Kami selaku kepala kantor Kementerian Agama kota Cilegon berkewajiban mengundang Imigrasi, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Pemerintah Daerah, sebab Kementrian Agama hanya sebagai koordinator dalam pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan Undang- Undang No 8 tahun 2019," ujarnya.

Lukman juga menyampaikan jika tujuan adanya bimbingan manasik haji ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman tentang tata cara dan ketentuan untuk menjadi haji yang mabrur.

Sebagai informasi, tahun ini Kantor Kementerian Agama Kota Cilegon memberangkatkan jemaah haji sebanyak 409 orang dengan rincian laki-laki 186 dan perempuan 223.

Sedangkan untuk jumlah cadangan sebanyak 96 orang dengan rincian 76 orang siap untuk berangkat, 7 orang tidak ada konfirmasi dan 13 orang tidak bersedia sebagai cadangan. Acara manasik haji ini diselenggarakan selama 2 hari (24-25 Mei 2022).

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut