get app
inews
Aa Read Next : PT Terang Dunia Internusa Luncurkan Program CSR Pemberian Sepeda kepada Siswa dan Guru

Diplomasi Sepeda, Anies Ajak para Duta Besar G20 Bersepeda Bersama Sambut World Bicycle Day 2022

Jum'at, 03 Juni 2022 | 12:53 WIB
header img
Anies menerangkan sistem transportasi Jakarta pada Duta Besar negara-negara anggota G20. (Foto: Tim iNews)

JAKARTA, iNewsCilegon.id-Bertepatan dengan peringatan Hari Bersepeda Sedunia (World Bicycle Day) hari ini, Jumat 03 Juni 2022, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak para Duta Besar negara anggota G20, mengayuh sepeda mulai dari Stasiun BNI, dan Finish di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Kegiatan bersepeda berjudul #BIKE20 ini merupakan hasil kolaborasi B2W (Bike to Work) Indonesia, dengan dukungan penuh dari pemerintah provinsi DKI Jakarta yang juga sebagai tuan rumah U20, salah satu pilar penopang G20.

“Falsafah kegiatan ini adalah diplomasi, diplomasi sepeda,” ungkap Fahmi Saimima, Ketua Umum B2W Indonesia. “Tujuannya, disamping bagian dari keramahtamahan tuan rumah sebagai pelaksana presidensi, juga ketua U20, adalah untuk memperlihatkan apa yang telah dilakukan Jakarta dalam mengakomodasi penggunaan sepeda untuk bermobilitas sekaligus, secara tak langsung, mengajak peserta untuk menyampaikan isu sepeda sebagai solusi di sektor transportasi dan energi ke pihak-pihak yang terlibat dalam pembicaraan di forum-forum G20," tambahnya.

Kegiatan ini juga didukung oleh produsen sepeda dalam negeri, United Bike, melalui PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk yang meluncurkan sepeda edisi khusus G20.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberi dampak positif jangka panjang bagi kita semua, tidak hanya bagi kesehatan diri dan lingkungan, namun dapat pula menambah keharmonisan serta mempererat hubungan antar negara anggota G20,” ujar Henry Mulyadi, Komisaris PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga berharap agar sepeda mendapatkan kesempatan yang sama dengan kendaraan bermotor. “Kalau bisa, lebih banyak lagi diproduksi sepeda untuk di perkotaan karena selama ini lebih banyak sepeda gunung dan sepeda balap,” katanya.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut